SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, berpose seusai memenangi MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (28/10/2013) siang WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Toru Hanai

Solopos.com, MOTEGI – Rider Yamaha, Jorge Lorenzo, mengaku gembira mampu menjuarai seri MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (28/10/2013) siang WIB. Kemenangan ini tak hanya membuat Lorenzo memperpanjang nafasnya dalam mempertahankan gelar juara dunianya, namun juga mempecundangi tim pesaingnya, Honda, di sirkuit yang dianggap sebagai kandangnya.

Mengawali balapan dari pole position, Lorenzo tak terkejar hingga akhir. Dalam 24 lap yang digelar, pembalap asal Mallorca itu mampu tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 42 menit 34,291 detik, atau lebih cepat 3,188 detik dari rival terdekatnya, Marc Marquez dari Repsol Honda, yang menyusul di posisi kedua. Sedang posisi ketiga, juga ditempati pembalap Honda lainnya, Dani Pedrosa.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Melihat hasil klasifikasi, posisi lima besar setelah saya ditempati oleh pembalap Honda dan itu wajar, lintasan ini lebih baik untuk mereka. Jadi menang di lintasan kandang dengan kemenangan ke-200 Yamaha di klas MotoGP, ketika kami mengambil risiko dengan ban lembut, sangat menyenangkan. Ini merupakan balapan yang menguras fisik, tapi saya tetap berkonsentrasi dan sangat menginginkan kemenangan ini,” ujar Lorenzo, seusai balapan, dilansir Motogp.com.

Tim Yamaha Racing melakukan langkah berani jelang perlombaan. Mereka melakukan perlombaan dengan memutuskan menganti ban para rider dengan ban soft. Namun, siapa sangka keputusan dadakan Yamaha itu justru menjadi strategi jitu memenangi balapan.

“Kami membuat keputusan akhir karena sebelum balapan suhu mencapai 10 derajat, lebih panas dari pada saat latihan pagi dan saya merasa lebih baik menggunakan ban lebih lembut. Saya rasa itu pilihan yang tepat bagiku di Yamaha, tapi mungkin bagi Honda lebih baik jika memakai ban yang berbeda,” imbuh Lorenzo.

Kemenangan ke-51 Lorenzo sepanjang kariernya ini memangkas gapnya dengan Marquez dalam pengumpulan  poin di klasemen MotoGP. Lorenzo saat ini mengemas 305 poin atau tertinggal 13 poin dari Marquez, yang menempati posisi puncak.

Selisih yang tipis ini membuat gelar juara dunia MotoGP bakal ditentukan di akhir seri, yakni saat MotoGP Valencia digelar 10 November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya