SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MotoGP Jerman 2015 membawa Honda paling mentereng di Sirkuit Sachsenring.

Solopos.com, SACHSENRING— Sirkuit Sachsenring, GP Jerman, akan menjadi tuan rumah seri kesembilan Motogp musim ini, Minggu (12/7/2015).

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Seri ini bakal menjadi balapan beruntun di Sachsenring untuk kali ke-18 sejak musim 1998 silam. Mulai era Motogp musim 2002 Honda menjadi tim paling sukses di trek sepanjang 3,671 km tersebut.

Tim pabrikan Jepang itu sudah merebut delapan kemenangan. Podium utama terbanyak di Sachsenring, yakni empat kali dipersembahkan oleh Dani Pedrosa, disusul Marc Marquez (2 kali), dan Max Biaggi serta Sete Gibernau (1 kali). Di belakang Honda, Yamaha mengekor dengan tiga kemenangan, diikuti Ducati (1 kali).

Pedrosa sekaligus menjadi pembalap tersukses di Jerman. Spaniard kawakan ini total mengemas enam podium utama, yakni dua kali di kelas 250 cc dan empat kali di Motogp.

Setelah Pedrosa, jagoan Yamaha, Valentino Rossi, sudah mengoleksi lima kemenangan, yakni sekali di kelas 250 cc dan empat kali di Motogp. Sedangkan Marquez berada diurutan ketiga dengan lima kali berjaya, sekali di kelas 125 cc, Moto 2 dua kali, dan Motogp 2 kali.

Honda jelas tak mau disalip lagi oleh Yamaha yang sudah menguasai delapan seri di musim ini. Apalagi Yamaha sukses mempecundangi Honda yang nyaris berjaya di GP Belanda, Sirkuit Assen, dua pekan lalu. Marquez batal menang karena ditelikung Rossi di tikungan terakhir sebelum menyentuh garis finis.

Di sisi lain, tim pabrikan Jepang tersebut sedikit bernapas lega karena Marquez membaik. Jatuh bangun dan baru sekali memetik kemenangan, juara dunia 2014 itu bangkit di Assen. Sayang, ia kalah beruntung dari Rossi.

Pedrosa juga tengah on fire. Ia membuktikan kondisinya dalam keadaan baik dengan naik podium di GP Catalunya. Hanya, ia sedikit kecewa karena tercecer di urutan kedelapan di Assen.

“Saya kehilangan banyak posisi. Selain itu, saya bermasalah dengan pengereman. Saya berusaha mengontrol motor yang sulit dikendalikan,” keluh Pedrosa, dilansir crash.net, Selasa (7/7/2015).

Sementara itu, publik Jerman tak punya jagoan yang diunggulkan dalam balapan setelah pembalap tuan rumah, Stefan Bradl, absen. Rider Forward Yamaha ini tak bisa mengaspal lantaran mengalami patah tulang scaphoid pada pergelangan tangan kanan selepas terjatuh di Assen. Bradl pun naik meja operasi, pekan lalu.

“Ini memalukan karena saya tak bisa turun dalam balapan di kandang. Tapi, dokter menganjurkan saya untuk menjalani penyembuhan jika tak ingin saya tak bisa membalap hingga akhir musim. Tangan saya masih terasa sakit. Saya akan menggunakan waktu ini untuk bersiap ke Indianapolis,” jelas Bradl. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Marc Marquez dengan motor balap Honda menjadi yang berjaya di sirkuit Sachsenring. Ist/dok

Marc Marquez dengan motor balap Honda menjadi yang berjaya di sirkuit Sachsenring. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya