SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, saat melintas di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (14/7/2013). DokJIBI/SOLOPOS/Reuters/Thomas Peter

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, saat melintas di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (14/7/2013). DokJIBI/SOLOPOS/Reuters/Thomas Peter

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, saat melintas di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (14/7/2013). DokJIBI/SOLOPOS/Reuters/Thomas Peter

Solopos.com, SACHSENRING – Valentino Rossi mempertanyakan penanganan keselamatan di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Ini menjadi perhatian pembalap Yamaha Racing itu menyusul rentetat kecelakaan yang terjadi di MotoGP Jerman itu akhir pekan ini.

Rekan setim Rossi sekaligus juara MotoGP musim lalu, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa dari Repsol Honda, terpaksa harus absen pada balapan MotoGP Jerman di Sachsenring, Minggu (14/7/2013) malam WIB. Keduanya tak bisa tampil menyusul cedera akibat kecelakaan yang dialami saat mengikuti sesi latihan.

Selain Lorenzo dan Pedrosa, pembalap lainnya, seperti Andrea Dovizioso, Nicky Hayden, Cal Crutchlow, Andrea Iannone dan Bryan Staring juga mengalami crash. Insiden yang dialami pembalap rata-rata terjadi saat melintasi di tikungan ke 11.

Rossi mengaku tak mungkin mengabaikan besarnya serta frekuensi terjadinya kecelakaan. Terlebih hal itu terjadi di lintasan yang sama. The Doctor, julukan Rossi, yakin kejadian itu sangatlah mengerikan.

“Ya, setiap kecelakaan, Anda menjadi lebih takut,” ujar Rossi pada Autosport, Senin (15/7/2013) petang WIB.

“Bagi saya tikungan itu [tikungan 11] sangat berbahaya. Itu sangat cepat, menurun, dan Anda tiba dari tujuh atau delapan belokan kiri, jadi bagian kanan ban dingin.”

“Tikungan itu Anda harus tiba dengan kecepatan yang tepat lap demi lap, latihan demi latihan, Anda tak bisa tinggal tiba, bang… Pagi hari saya mulai melakukan dorongan, namun kemudian Anda mendapat bendera kuning karena crash yang menimpa Iannone.”

“Juga dengan kecelakaan Cal, saya tak mengharapkannya karena itu sepeda saya.”

“Saya rasa bahwa dengan Yamaha lebih sulit mengalami kecelakaan di sini, tap Cal kecelakaan, jadi itu mengerikan.”

Rossi menambahkan bahwa tergelincirnya Lorenzo, di mana saat keluar dari tikungan ke-10, juga sangat berbahaya. Hal itu karena motornya tengah meluncir menurun dan tak terlihat saat Rossi mendekat.

“Saya sangat beruntung bahwa saya melambat,” imbuh Rossi, yang pada balapan MotoGP Jerman itu akhirnya finish di posisi ketiga.

“Karena jika tidak saya akan tiba dengan motor di tengah lintasan, jadi itu sangat berbahaya.”

“Saya tak tahu arah manakan yang bisa membuat kami melakukan peningkatan di situasi ini.”

MotoGP Jerman di Sachsenring, Minggu kemarin, akhirnya dimenangkan oleh Marc Marquez dari Repsol Honda, diikuti Cal Crutchlow dari Monster Tech3 Yamaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya