SOLOPOS.COM - Jorge Lorenzo (dok)

Jorge Lorenzo (dok)

DOHA--Jorge Lorenzo menaiki podium utama Grand Prix (GP) Qatar di Sirkuit Losail, Senin (9/4/2012) dini hari WIB, dengan penuh gaya. Pembalap Yamaha itu memecundangi duo Honda sekaligus, Dani Pedrosa dan Casey Stoner.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Mengawali balapan di posisi start terdepan, Lorenzo berusaha mati-matian untuk mempertahankan posisinya. Namun seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, duo Honda memberikan perlawanan sengit.

“Bagiku balapan kali ini mirip seperti di Jerez 2010 lalu. Di pertengahan balapan, saya pikir sangat tidak mungkin menang. Kemenangan ini karena saya tidak pernah menyerah, selalu menekan, selalu berusaha dan juga karena Casey kehilangan sedikit ketenangannya. Jadi saya bisa menekan,” jelas Lorenzo, seperti dilansir Autosport.

Lorenzo yang finis di urutan terdepan hanya unggul selisih waktu 0,852 detik di depan Pedrosa yang mencatatkan waktu 42 menit 45,066 detik. Sedangkan Stoner yang tertinggal  2,908 detik dibanding catatan waktu Lorenzo, terpaksa puas finis di urutan ketiga.

Dalam seri balapan perdana musim 2012 yang digelar malam hari waktu setempat ini, Pedrosa bermain sangat atraktif untuk memberi tekanan Lorenzo. Meski hanya memulai balapan di posisi start ketujuh, Pedrosa mampu merangsek ke urutan kedua di belakang Lorenzo.

Menyandang atribut juara bertahan, Stoner berhasil melewati Pedrosa di lap ketiga setelah serangkaian serangannya gagal. Ia kemudian memeras waktu melalui trek lurus untuk menggulingkan Lorenzo yang berada di barisan terdepan.

Awalnya Stoner berhasil melenggang kencang di urutan paling depan dan memegang keunggulan waktu dua detik. Pembalap Australia itu  tampak berada di bawah kontrol, namun mendadak konsistensinya memudar di lap akhir, sehingga Lorenzo dan Pedrosa dengan mudah mengunggulinya.

“Honda sedikit menggebrak saat sesi pemanasan, jadi saya pikir sangat sulit untuk mengalahkan mereka, tapi saya curahkan segala yang saya bisa, semua energi dan di akhir saya memenangi balapan ini. Ini sangat luar biasa,” lanjut Lorenzo yang mengantongi 25 poin.

Aksi tak kalah menawan ditunjukkan pembalap Tech 3 Yamaha, Cal Crutchlow. Dia berhasil finis di urutan keempat, menyalip rekan satu timnya, Andrea Dovizioso. Sebaliknya, nasib kurang beruntung diterima juara dunia tujuh kali Valentino Rossi yang memulai posisi start ke-12. Pembalap Ducati kurang konsisten mengendalikan motornya dan sempat menyasar keluar lintasan, hingga akhirnya Rossi mengungguli Ben Spies dari Yamaha untuk finis di urutan ke-10.

“Saya tidak bisa naik motor ini, saya tidak bisa membuat perbedaan, saya bahkan tidak bisa bersaing dengan kecepatan (Nicky) Hayden, seperti biasanya. Secara teori, dengan ban baru, harusnya saya bisa melaju lebih cepat.. Nicky berhasil melakukan balapan yang bagus dengan Ducati, meski ia akhirnya hanya di urutan keenam,” tandas Rossi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya