SOLOPOS.COM - Striker Manchester United, Robin Van Persie (tengah), merayakan golnya ke gawang Aston Villa bersama rekan-rekannya di Stadion Old Traffod, Selasa (23/4/2013) dini hari WIB. Dalam laga itu, MU akhirnya menang dengan skor 3-0 dan memastikan gelar ke-20 di kancah Liga Premier Inggris. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker Manchester United, Robin Van Persie (tengah), merayakan golnya ke gawang Aston Villa bersama rekan-rekannya di Stadion Old Traffod, Selasa (23/4/2013) dini hari WIB. Dalam laga itu, MU akhirnya menang dengan skor 3-0 dan memastikan gelar ke-20 di kancah Liga Premier Inggris. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SOLO –Misi Manchester United menggelar pesta di kandangnya, Stadion Old Trafford, Selasa (23/4/2013) dini hari WIB, berjalan mulus. Setan Merah, julukan Manchester United, memastikan gelar ke-20 Liga Premier Inggris setelah menghancurkan Aston Villa dengan skor 3-0.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Dengan hasil ini United sudah dipastikan merebut gelar liga musim ini. Dengan sisa empat pertandingan, United yang sudah mengoleksi 84 poin di posisi teratas, sudah tak mungkin lagi terkejar oleh para rivalnya, termasuk juara musim lalu, Manchester City, yang mengoleksi 68 poin di posisi kedua.

Pencapaian gelar lebih awal United tak terlepas dari aksi heroik Robin van Persie. Striker bernomor punggung 20 ini mempersembahkan gelar ke-20 bagi United setelah mencetak hattrick ke gawang Villa, yang seluruhnya diciptakan pada babak pertama.

Pencapaian ini jelas sangat spesial bagi Van Persie. Setelah selama sembilan musim merumput di Liga Premier baru kali ini Van Persie bisa merasakan gelar juara di musim pertamanya bersama United.

Sebelumnya, bersama Arsenal, Van Persie tak pernah merasakan gelar Liga Premier. Satu-satunya gelar bersama Arsenal yang dimenangkannya adalah trofi Piala FA pada musim 2005 lalu.

Jalannya Pertandingan :

Sejak awal Van Persie memang terlihat sangat berambisi menggelar pesta di depan pendukungnya. Terbukti, pertandingan belum genap dua menit, striker, yang dibeli dari Arsenal awal musim lalu itu, sudah memberikan keunggulan bagi Setan Merah.

Diawali pergerakan Valencia dari sisi kiri pertahanan Villa, Rafael yang mendapat umpan langsung meneruskan bola lambung ke depan. Giggs yang menerima umpan Rafael langsung melepaskan assist mendatar ke Van Persie untuk menciptakan gol.

Unggul 1-0 tak membuat serangan United mengendur. Berulang kali skuat besutan Sir Alex Ferguson ini menciptakan peluang berbahaya, baik melalui Van Persie maupun Rafael.

Villa, yang juga berhasrat mencari poin untuk mengamankan posisinya dari jurang degradasi tak tinggal diam. Pada menit ke-11, Villa bahkan sempat berpeluang mengejar ketertinggalan asalkan tendangan Cristian Benteke tak melambung ke atas mistar gawang United, yang dijaga David De Gea.

Namun, keasyikan menyerang justru membuat Villa lengah. United berhasil memperbesar keunggulannya pada menit ke-13.

Lagi-lagi Van Persie yang menjadi momok bagi pertahanan Villa dengan mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Striker asal Belanda itu menciptakan gol melalui tendangan voli setelah lolos dari pengawalan bek Villa untuk mendapatkan umpan terukur Rooney dari lini tengah.

Keunggulan 2-0 yang diciptakan Van Persie membuat United mulai menurunkan temponya. Hal ini dimanfaatkan The Villans, julukan Aston Villa, mengembangkan permainannya.

Namun, alih-alih melakukan serangan Villa justru kembali kebobolan. Lagi-lagi melalui Van Persie yang memanfaatkan umpan Giggs.

Gol terjadi diawali akselerasi individu Giggs yang melancarkan serangan balik hingga ke daerah pertahanan Villa. Giggs yang mendapat kawalan ketat langsung melepaskan umpan pendek ke Van Persie, yang langsung mengeksekusi bola dengan dingin untuk menciptakan gol.

Hattrick ini membuat koleksi gol Van Persie sepanjang musim ini menjadi 24 gol dan membuatnya memimpin daftar top skor sementara, menggeser striker Liverpool, Luis Suarez, dengan 23 gol.

Memasuki babak kedua, United yang sudah di atas angin tak banyak melakukan perubahan. Setan Merah terus melancarkan serangan, meski lebih banyak memainkan tempo permainan.

Di sisi lain, Aston Villa tak ingin patah semangat. The Villians bahkan mampu menciptakan beberapa peluang untuk memperkecil ketertinggalan.

Namun, hingga laga berakhir kedudukan tak berubah. Keunggulan 3-0 United yang diciptakan sejak babak pertama pun tak tergoyahkan.

Susunan pemain

 Manchester United (4-4-2)

De Gea (Gk); Evans, Evra, Rafael, Jones; Valencia, Giggs, Carrick, Kagawa; Rooney (Welbeck 72’), Van Persie

Aston Villa (5-4-1)



Guzan (Gk), Lowton, Vlaar, Baker, Bennett (Clark 80’), Westwood; Delph, Weimann, N’Zogbia (El Ahmadi 46’), Agbonlahor; Benteke

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/23042013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya