SOLOPOS.COM - Foto Nova Widianto diunggah oleh akun Twitter Asosiasi Badminton Malaysia dengan keterangan resmi bergabung dengan mereka. (Twitter/BAM_Malaysi)

Solopos.com, SOLO – Nova Widianto memutuskan mengundurkan diri dari posisi pelatih ganda campuran Pelatnas Cipayung dan bergabung dengan tim pelatih bulu tangkis Malaysia.

Kepastian Nova Widianto gabung tim pelatih bulu tangkis Malaysia untuk ganda campuran dirilis oleh Badminton Association of Malaysia (BAM) lewat akun media sosial mereka.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“RESMI: BAM MENUNJUK PELATIH NOVA. Para pemain ganda campuran nasional akan banyak diuntungkan dengan mempekerjakan pemain terkenal mantan juara dunia ganda campuran dua kali, Nova Widianto, sebagai pelatih nasional,” cuit BAM dalam akun Twitter mereka, @BA_Malaysia.

Pengunduran diri Nova Widianto dari posisi pelatih ganda campuran Pelatnas juga disampaikan PBSI melalui akun Twitter resmi mereka, Kamis (22/12/2022).

“PBSI menghormati dan menghargai keputusan Nova Widianto yang memilih mengundurkan diri dari pelatnas untuk meneruskan karier kepelatihannya di luar negeri. Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras Nova dalam ikut memajukan dan meningkatkan prestasi bulu tangkis Indonesia, terutama di sektor ganda campuran. Sukses terus dimanapun berada coach!,” tulis akun Twitter @INA_Badminton.

Baca Juga: Ranking Dunia BWF Hari Ini: Kevin/Marcus Terjun Bebas, Jonatan Christie Keempat

Sebelumnya, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) juga sudah memastikan Nova Widianto mundur dari jabatannya sebagai kepala pelatih ganda campuran Pelatnas Cipayung. PBSI mengaku tak bisa menolak keputusan yang dibuat Nova dan masih menunggu petunjuk dari Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna untuk proses lebih lanjut.

“Hanya untuk diketahui sejauh ini kami masih menunggu petunjuk dari Pak Ketum. Keputusan Nova untuk mengundurkan diri dari Pelatnas PBSI tersebut merupakan hak si pelatih. PBSI tentu tidak bisa menolak,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, dikutip dari Antara.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Rionny, PBSI terlebih dulu menerima surat pengunduran diri Nova Widianto yang ditandatangani pada 1 Desember 2022. Dalam surat tersebut, Nova menyatakan mengundurkan diri dari jabatan kepala pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI.

Baca Juga: Hylo Open 2022: Rehan/Lisa Memang Sudah Pelajari Kelemahan Lamsfuss/Lohau

Surat tersebut diserahkan kepada pengurus teras PBSI pada 15 Desember 2022 yang selanjutnya diteruskan kepada Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

“Kami tidak kuasa untuk menghalang-halangi pelatih yang mencari tantangan di mana saja, termasuk di luar negeri,” kata Rionny.

Sebelumnya, Kepala Pelatih Ganda Badminton Malaysia, Rexy Mainaky, mengisyaratkan kedatangan Nova Widianto sebagai tenaga baru pelatih untuk timnas Negeri Jiran itu melalui sebuah laporan media lokal. Namun dalam pernyataan tersebut Rexy belum mengungkapkan siapa sosok yang dimaksud dan menunggu pernyataan resmi dari pelatih sebelum resmi mengundurkan diri dari PBSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya