SOLOPOS.COM - Timnas Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan juara bertahan Prancis 7-5 (3-3) melalui drama adu penalti di Lusail Stadium Al Daayen, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO–Agenda laga uji coba FIFA Matchday timnas Indonesia vs Argentina menjadi perbincangan publik Tanah Air.

Sorotan mengemuka sejak ada kabar yang belum terkonfirmasi mengenai rencana timnas Indonesia menghadapi juara Piala Dunia 2022 itu.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Sorotan para pencinta bola semakin tajam setelah Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) secara resmi mengonfirmasi laga timnas Indonesia vs Argentina di Jakarta pada 19 Juni 2023 mendatang.

Konfirmasi itu disampaikan melalui akun Twitter resmi AFA, @Argentina, pada Senin (22/5/2023) ini. Laga melawan timnas Indonesia bagian dari tur Asia Tim Tango. Sebelum ke Jakarta, timnas yang beranggotakan megabintang Lionel Messi itu akan melawan timnas Australia di Beijing, China pada 15 Juni 2023.

Kepastian pertandingan agenda FIFA itu mengejutkan. Banyak pihak seperti tak percaya timnas Indonesia bakal bermain melawan tim juara dunia yang bertabur bintang.

Itu tak mengherankan lantaran timnas Indonesia dan Argentina seperti bumi dan langit dari segala aspek, dari peringkat FIFA hingga dari nilai atau harga skuad.

Saat ini, timnas Argentina berada di peringkat satu FIFA, sedangkan Indonesia peringkat 149. Timnas Argentina merupakan juara Piala Dunia 2022, sedangkan timnas Indonesia masih berusaha membuktikan diri di level ASIA.

Nilai skuadpun jomplang atau terdapat perbedaan sangat mencolok. Dikutip dari transfermarkt.co.id, Senin (22/5/2023), nilai skuad Argentina mencapai 14,753 tiliun. Nilai itu dari harga pasar 34 pemain.

Nilai pasar tertinggi dicatatkan gelandang bertahan yang kini membela Chelsea, Enzo Fernandez, yang mencapai Rp1,477 triliun.

Nilai pasar pemain timnas Argentina lainnya, Cristian Romero, juga fantastis. Bek tengah Tottenham Hotspur itu tercatat memiliki nilai pasar Rp1,042 triliun.

Sementara, nilai pasar sang superstar yang kini menjadi bagian Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, tercatat Rp782,17 miliar.

Pada sisi lain, nilai skuad Garuda tercatat Rp125,15 miliar berdasar nilai pasar 27 pemain. Nilai itu lebih sedikit dibanding nilai pasar satu pemain timnas Argentina. Pemain Tim Tango yang kini bermain untuk Udinese, Nuhuen Perez, memiliki nilai pasar Rp139 miliar.

Pemain timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi dicatatkan Jordi Amat. Pemain naturalisasi yang kini membela Johor Darul Ta’zim (JDT, Malaysia) itu tercatat memiliki nilai pasar Rp17,38 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya