SOLOPOS.COM - Tiga pemain Indonesia merayakan kemenangan atas Singapura pada laga semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021). (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Menegangkan! Kata-kata tersebut layak untuk menggambarkan laga Timnas Indonesia kontra Singapura pada semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam. Betapa tidak, sempat unggul lebih dulu Indonesia harus mengakhiri laga melalui babak perpanjangan waktu.

Indonesia pun akhirnya memastikan tiket ke final setelah menang dengan skor 4-2. Dengan demikian, Indonesia pun unggul atas Singapura dengan agregat 5-3, setelah pada semifinal leg pertama bermain dengan skor 1-1.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, mengaku menyaksikan laga Indonesia kontra Singapura tersebut. Ia mengaku berdebar-debar menyaksikan penampilan anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

Baca juga: Taklukkan 8 Pemain Singapura, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Maklum Indonesia sempat unggul lebih dulu melalui gol Ezra Walian pada menit ke-11. Namun Singapura mampu menyamakan kedudukan bahkan berbalik unggul lewat gol Song Ui-young pada masa injury time babak pertama dan tendangan bebas Shahdan Sulaiman menit ke-74.

Padahal kala itu, Singapura bermain dengan 9 pemain menyusul dua pemainnya diusir wasit karena menerima akumulasi dua kartu kuning.

Untungnya, Indonesia mampu menyamakan kedudukan melalui Pratama Arhan pada menit ke-87. Namun, ketegangan kembali terjadi saat Singapura mendapat hadiah penalti karena Arhan dianggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Akan tetapi, kiper Nadeo Argawinata mampu menjadi penyelamat Indonesia setelah menggagalkan eksekusi penalti pemain Singapura hingga memaksakan laga ke babak perpanjangan waktu. Pada masa perpanjangan waktu inilah Indonesia memastikan keunggulan atas Singapura melalui gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-91 dan sepakan Egi Maulana pada menit ke-105+2.

Baca juga: Semifinal Leg II Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Tak Mau Adu Penalti

“Jantung saya mau copot. Ketika kedudukan 2-2 dan Singapura mendapat penalti. Paten penyelamatan Nadeo Arga Winata. Seru dan menegangkan. Skor saling susul. Selamat bagi semua pemain yang tampil apik sepanjang dua kali semifinal ini,’’ kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman Internet resmi PSSI.

“Pesan saya. Tuntaskan dua laga di babak final dengan kemenangan. Thailand atau Vietnam lawan kita di final tidak ada masalah. Yang penting tetap fokus dan jangan lengah, kita pasti bisa,’’ imbuh Iriawan.

Ini adalah kali keenam Indonesia masuk ke final setelah sebelumnya pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Pada partai final Piala AFF 2020 nanti, Indonesia akan bertemu Vietnam atau Thailand yang baru melangsungkan semifinal leg kedua Minggu (26/12/2021). Pada semifinal leg pertama, Thailand sanggup mengungguli Vietnam dengan skor 2-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya