SOLOPOS.COM - Pebasket Amartha Hangtuah Jakarta, Stefan Carsera (tengah), berusaha menembus pertahanan tim Evos Thunder Bogor pada pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) Indonesia Cup 2022 di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Senin (7/11/2022). (Antara/Mohammad Ayudha)

Solopos.com, JAKARTA – NSH Mountain Gold Timika dan Amartha Hangtuah Jakarta menjaga asa untuk lolos ke playoff seusai mengalahkan lawan mereka pada hari keempat IBL Indonesia Cup 2022, yang digelar di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Senin (7/11/2022).

NSH meraih kemenangan atas Elang Pacific Caesar Surabaya, sementara Amartha Hangtuah berhasil menundukkan EVOS Thunder Basketball Bogor. Dikutip dari laman resmi IBL, pelatih NSH Agus Batbual menurunkan Jan Misael Panagan, Randi Mantiri, Rizky Agung Pranata, Hengki Infandi, dan kapten tim Randika Aprilian.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Sementara itu, pelatih Elang Pacific Aries Herman menurunkan starter berisi Gregorio Claudie Wibowo sebagai kapten tim, diikuti M. Ariezky, Daffa Dhoifullah, Aven Ryan Pratama, Muhammad Hardianto. Jan Misael Panagan membuka keunggulan untuk NSH. Meski keunggulan sempat diambil Elang Pacific, namun NSH terus memimpin jalannya pertandingan hingga kuarter pertama berakhir. NSH unggul dengan skor 15-11.

Memasuki kuarter kedua, pertahanan NSH semakin bagus. Mereka mampu menahan Elang Pacific hanya memasukkan single digit point. Sementara itu, serangan NSH tetap stabil, sehingga pada akhir kuarter kedua, NSH bisa mempertahankan keunggulan dengan margin cukup lebar, yakni 11 angka (31-20).

Mengawali kuarter ketiga, Elang Pacific bisa mencetak poin lebih dulu dari NSH. Setelah itu, mereka juga tampil lebih baik dengan mengumpulkan 14 angka. Namun, hal itu belum cukup untuk bisa menyusul perolehan poin NSH. pada akhir kuarter ketiga, NSH memimpin dengan keunggulan 7 angka (41-34).

Elang Pacific tak mampu mengejar ketertinggalan, sementara NSH terus melakukan serangan yang berbuah poin untuk mengemas kemenangan 64-51. Dengan kemenangan atas Elang Pacific, NSH berhasil menjaga asa lolos ke playoff IBL Indonesia Cup 2022 setelah kalah dari Dewa United pada laga pertama, Sabtu.

Baca Juga: Lengkap! Daftar Skuad West Bandits untuk IBL Indonesia Cup 2022 di Solo

Pada pertandingan kedua dalam lanjutan IBL Indonesia Cup 2022 di Solo melawan EVOS Thunder Basketball Bogor, Amartha Hangtuah Surabaya mengincar kemenangan untuk mengamankan tiket ke playoff.

Pada kuarter pertama, Diftha Pratama tampil panas dengan mencetak 10 angka dari total 17 poin Hangtuah. Diftha sepertinya ingin membuktikan kemampuan dirinya kepada pelatih lamanya, yang kini jadi head coach Evos, Andre Yuwadi. Dia mencetak poin dari segala sisi mulai dari lay up, free throw, hingga tembakan three point.

Poin lainnya dari Hangtuah dicetak oleh Tifan Eka Pradita dan Stefan Carsera. Head coach Hangtuah AF Rinaldo di pertandingan kali ini menurunkan starting line-up berisi Tifan Eka Pradita, Stevan Wilfredo Neno, Gunawan, Fisyaiful Amir, dan Amaludin Ragol.

Sementara itu, coach Andre untuk pertandingan pertama Evos menurunkan Juan Alexius Anggara, Cassiopeia Thomas Manuputty, Adrian Danny Christianto, William Rivaldi Kosasih, dan Padre Hoosbach.

Beranjak ke kuarter kedua, Evos Thunder kali ini bermain lebih baik. Mereka berhasil menambahkan 18 angka, sehingga di akhir kuarter kedua, Evos bisa mendekat dengan skor 28-29. Hangtuah kembali menyerang secara sporadis untuk mengembalikan keunggulan dengan margin lebar. Upaya tersebut membuahkan hasil. Mereka mendapatkan momentum di pertengahan kuarter ketiga sehingga sempat unggul 11 angka (46-35), tapi keunggulan tersebut lepas di akhir kuarter ketiga.

Baca Juga: Ini Cara Nonton Basket Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena Solo, Dijamin Seru

Hangtuah tak mampu menghalau serangan big man Evos Tri Hartanto di sisa waktu 51 detik, yang berhasil menambahkan dua angka untuk mengejar ketertinggalan menjadi 48-55. Tak berhenti sampai di situ, saat waktu tersisa 10 detik, Hendra Thio mencetak poin untuk Evos, sehingga kuarter ketiga ditutup dengan margin 5 angka saja (50-55).

Kembali bermain fokus dan disiplin, Hangtuah melakukan serangan dan terus menekan Evos untuk mendapatkan kemenangan 79-62.

Karena satu Grup B ini berisi tiga tim, kemenangan atas Evos sangat penting bagi Hangtuah untuk menjaga asa lolos Playoff, terlebih Hangtuah sudah kalah sekali dari Satria Muda Pertamina Jakarta pada pertandingan pertama.

Laga melawan Hangtuah merupakan pertandingan pertama bagi Evos di babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya