SOLOPOS.COM - Para pemain Nusantara United dalam latihan di Stadion Kebo Giro, Boyolali, Kamis (21/12/2023) (IST/Nusantara United)

Solopos.com, BOYOLALI — Nusantara United FC menempati Grup B babak play-off degradasi Liga 2 musim 2023/24 setelah finis di urutan keempat klasemen akhir Grup 2 musim reguler.

Nantinya, Nusantara United akan berjuang untuk mempertahankan posisinya di Liga 2 musim depan.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dalam play off degradasi tersebut, Nusantara United FC tergabung bersama peringkat kelima Grup 1 yakni PSPS Riau, kemudian Persikab Kab. Bandung (peringkat keenam Grup 2), dan PSDS Deli Serdang (peringkat ketujuh Grup 1).

Untuk laga pertama, Kardinata Tarigan dkk. bakal menjamu PSDS di Stadion Kebo Giro, Boyolali pada 6 Januari mendatang.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (21/12/2023) COO Nusantara United, Adhitya Hernadian, percaya diri dengan skuad yang dimilikinya untuk play off degradasi ini.

“Kami sangat percaya pada kemampuan tim untuk melakoni enam laga terakhir musim ini. Dengan apa yang sudah kami tampilkan pada musim reguler, saya yakin tim ini punya potensi yang luar biasa,” ucap dia.

Adhitya mengatakan, skuadnya tidak hanya mumpuni untuk play off. Ia meyakini masih bisa bersaing untuk Liga 2 musim depan.

“Tidak hanya untuk melewati fase play off, tapi juga untuk bersaing di posisi lebih tinggi pada musim depan,” tambahnya.

Adapun skuat Nusantara United akan kembali memulai persiapan jelang fase play off per Sabtu (23/12/2023) di Stadion Kebo Giro, Boyolali.

Sedangkan dikutip dari Antara, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menggunakan istilah 12 besar dan 16 besar untuk menyebut dua fase lanjutan dari kompetisi Liga 2.

Istilah 12 besar digunakan Ferry untuk menyebut persaingan memperebutkan tiket promosi ke Liga 1 sedangkan 16 besar dipakai untuk menyebut lanjutan kompetisi yang bertujuan mencari tim-tim yang terdegradasi ke Liga 3.

“Babak 16 besar itu dimulai bersamaan dengan 12 besar. Itu mulai 6 Januari, kemudian berakhir sampai dengan 3 Februari. Itu yang untuk 12 besar. Kemudian lanjut setelah Pemilu itu lanjut ke empat terbaik, jadi juara yang 12 besar itu, juara dari tiga grup ditambah satu runner up terbaik untuk memperebutkan tiga tim ya itu sistemnya round robin, kemudian home and away,” kata Ferry pada konferensi pers setelah pertemuan para pemilik klub Liga 2 di Hotel Century Park, Jakarta.

Sedangkan babak 16 besar dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 3 Februari 2024.

Dua tim terbawah dari masing-masing grup akan terdegradasi dan rangking 1 dan 2 dari masing-masing grup itu yang bertahan di Liga 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya