SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali memberikan sambutan saat Kongres Biasa PSSI di jakarta, Minggu (15/1/2023). (Bagus/kemenpora.go.id)

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan izin kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk mencalonkan diri sebagai wakil ketua umum (waketum) PSSI.

Hal itu diungkapkan Menpora setelah meminta izin kepada Presiden Jokowi untuk mengikuti kontestasi pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI bulan depan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

“Saya meminta izin dan diizinkan,” kata Menpora Zainudin di gedung Kemenpora Jakarta, Selasa (17/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

Zainudin mengaku keputusannya mencalonkan diri sebagai calon waketum PSSI telah dipertimbangkan secara matang. Pencalonannya juga melalui diskusi panjang dengan berbagai pemangku kepentingan dalam tujuan memajukan sepak bola Indonesia.

Dia menerangkan dibutuhkan penanganan secara serius dan secara khusus supaya tata kelola sepak bola Indonesia menjadi lebih baik dan akan bermuara pada tim nasional yang tangguh.

Zainudin menerangkan Presiden FIFA Gianni Infantino juga mendorong agar sepak bola Indonesia lebih maju mengingat jumlah penduduk sebanyak 277 juta jiwa. Menpora memaparkan hasil survei yang mengungkapkan sedikitnya 73 persen masyarakat menyukai sepak bola dan menginginkan sepak bola Indonesia maju.

“Saya berpikir, mendiskusikan itu, ini harus diurus benar, dan sepertinya saya harus masuk mengurus itu,” kata Zainudin.

Zainudin tidak berpikir terlalu jauh hingga skenario apabila dirinya terpilih menjadi waketum PSSI dan mengenai jabatannya sebagai Menpora. Dia menyebut akan mempertimbangkan hal-hal selanjutnya ketika KLB PSSI telah selesai dan memunculkan nama ketua umum dan wakil ketua umum PSSI secara resmi.

“Kita akan pertimbangkan, ini kan belum terpilih. Kalau terpilih saya akan pertimbangkan lagi,” katanya.

Selama ini pemerintah telah memberikan dukungan terhadap perkembangan sepak bola Indonesia dengan menerbitkan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Selain itu pemerintah juga menerbitkan Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya