SOLOPOS.COM - Linda Wenifanetri (Liputan6)

Olimpiade 2016 bakal diikuti 10 pebulu tangkis Indonesia

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 10 pebulu tangkis Indonesia akhirnya berhasil mengamankan tiket ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Sepuluh pemain itu mewakili Indonesia di masing-masing nomor.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di nomor tunggal putra, Indonesia mengirim Tommy Sugiarto. Linda Wenifanetri di nomor tunggal putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (gana putri), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Praveen Jordan/Debby Susanto (ganda campuran), dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran).

Dari nama-nama di atas, Linda Wenifanetri yang harus berjuang keras untuk mendapatkan tempatnya. Untuk berlaga di Olimpiade 2016 memang membutuhkan poin banyak. Linda bersaing dengan tunggal putri Indonesia lainnya, Maria Febe Kusumastuti.

Menjelang penutupan penghitungan poin pada 1 Mei 2016 kemarin, Linda dan Febe saling kejar-mengejar. Hingga pada akhirnya, Linda memperoleh peringkat lebih baik ketimbang Febe. Linda menduduki peringkat 22 dunia, sedangkan Febe berada di posisi ke-24.

Hal lain yang mendasari terpilihnya Linda adalah penghitungan hasil head to head melawan pemain-pemain top dunia seperti Carolina Marin (Spanyol), Ratchanok Intanon (Thailand), Wang Yihan (Tiongkok) dan sebagainya. Hasilnya, Linda tercatat memiliki skor lebih tinggi dari Febe.

Untuk nomor-nomor lainnya sesuai dengan prediksi. Praveen/Debby, Tontowi/Liliyana, Greysia/Nitya, Hendra/Ahsan serta Tommy memang sudah diprediksi bakal berlaga di Olimpiade 2016 yang akan berlangsung Agustus mendatang.

“BWF [Badminton World Federation] sudah merilis daftar-daftar pemain yang berhak untuk berlaga di olimpiade dan nama Linda ada di urutan ke-15, dari segi peringkat dunia juga Linda berada diatas Febe. Selain itu, kami juga sudah menganalisa performance Linda dan Febe, secara hasil penghitungan head to head dengan pemain-pemain dunia, Linda lebih unggul,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky, seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org, Selasa (10/5/2016).

Dua medali emas menjadi target tim bulu tangkis di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dua sektor yang paling berpeluang untuk memenuhi target ini adalah sektor ganda putra dan ganda campuran. Namun tak menutup kemungkinan sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri membuat kejutan dan menyumbangkan medali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya