SOLOPOS.COM - Bendera Korea Selatan terpampang di sebelah foto pemain sepakbola putri Korea Utara yang ditayangkan sebelum pertandingan sepakbola Olimpiade London 2012 di Glasgow. Kesalahan fatal ini sempat membuat tim Korut tak mau bertanding. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Bendera Korea Selatan terpampang di sebelah foto pemain sepakbola putri Korea Utara yang ditayangkan sebelum pertandingan sepakbola Olimpiade London 2012 di Glasgow. Kesalahan fatal ini sempat membuat tim Korut tak mau bertanding. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

GLASGOW – Korea Selatan dan Korea Utara memang dua negara yang memiliki nama hampir serupa serta memiliki kedekatan geografis. Namun, kedua negara ini jelas memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Baik dari ideology, karateristik hingga warna bendera, kedua negara di Semenanjung Korea ini sangat berbeda.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Meski demikian tak banyak orang yang mengetahui perbedaan antara Korut dan Korsel. Bahkan untuk panitia sekaliber penyelenggara Olimpiade 2012. Entaha bagaimana sebabnya, panitia penyelenggara membuat insiden diplomatik yang sangat memalukan menjelang berlangsungnya laga sepak bola putri di Grup G antara Korut melawan Kolumbia di Stadion Hampden Park, Glasgow, Kamis (26/7/2012) dini hari WIB.

Panitia penyelenggara melakukan kesalahan fatal dengan memasang bendera Korsel bersanding dengan para pemain Korut pada layar video sebelum kick off dimulai. Kekeliruan ini mengakibatkan para pemain putri Korut marah dan sempat mogok selama hampir satu jam. Alhasil, pertandingan sempat ditunda, sebelum akhirnya para pemain Korut setuju untuk melanjutkan.

“Bendera Korea Selatan dipasang pada layar video sebelum kick off dimulai dan para pemain Korea Utara sangat marah akan hal itu,” ujar manajer media Hamden Park, Andy Mitchell. “Kami telah membuat permintaan maaf yang ditunjukkan untuk tim dan juga Komite Olimpiade Nasional Korea Utara. Apa yang terjadi benar-benar kesalahan dan kami minta maaf. Kesalahan seperti ini tak akan terjadi lagi,” imbuh Mitchell.

Kendati sempat kecewa, namun semangat para pemain Korut tak mengendur. Terbukti, pada debutnya di Olimpiade 2012, Korut mampu meraih hasil maksimal dengan menaklukan Kolumbia 2-0. Dua gol kemenangan Korut dicetak striker Song-Hui Kim di menit ke-39 dan 86. Kendati olimpiade resmi baru dimulai, Jumat (27/7), namun kompetisinya telah dimulai sejak Rabu (25/7). Pesta olah raga empat tahunan ini dimulai dari cabang sepak bola di kelompok putri.

Sementara itu, Amerika Serikat mengawali kampanye mempertahankan emas olimpiade dengan hasil memuaskan. AS sukses menundukkan Prancis dengan skor 4-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya