SOLOPOS.COM - Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri (kiri), memacu kecepatan pada nomor lari 100 meter putra SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). Zohri gagal meraih medali setelah hanya finis keempat dengan catatan waktu 10,59 detik. (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA — Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengandalkan atlet lari Lalu Muhammad Zohri lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Paris, Prancis.

Kemampuan Zohri menunjukkan perbaikan dengan menyabet medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Untuk proyeksi Olimpiade, satu-satunya yang kami harapkan itu Zohri karena dia sudah berprestasi mencatatkan waktu 10,03 detik,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PASI, Ria Lumintuarso ketika dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Selasa (20/2/2024).

Menurutnya, Zohri menunjukkan kemampuan berlari dengan kecepatan cukup bagus selama 10,12 detik pada Asian Games 2023 di China.

Artinya, jika Zohri berlatih normal dan bagus maka potensi bisa mencatatkan waktu 9,8 detik terbuka lebar.

Ria menjelaskan, Zohri masih memiliki kesempatan mengikuti kualifikasi Olimpiade melalui sejumlah kompetisi mendatang di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

“Kemungkinan kompetisi di Thailand, Jepang, China, dan lainnya kami akan coba push ke sana,” kata dia.

Ria mengatakan, pada 2024, PB PASI tidak memiliki target lain untuk atlet senior, selain berjuang meloloskan atlet untuk bisa berkompetisi dalam Olimpiade.

PB PASI, kata dia, lebih fokus pada mempersiapkan kemampuan atlet yunior dan remaja untuk menghadapi SEA Games 2025 dan kompetisi-kompetisi selanjutnya.

“Kalau SEA Games 2025 kita bisa survive, itu artinya pada 2027, 2029, kita punya banyak peluang meraih prestasi di SEA Games,” tutup Ria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya