SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis Ribka Sugiarto (kanan) dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (kiri) berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). PBSI hanya mengirimkan pemain pelapis untuk berlaga di SEA Games 2023 nanti. (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengumumkan bahwa mereka mengirimkan formasi tim beranggotakan pemain pelapis untuk SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, susunan pemain pelapis yang dipilih terbilang cukup kuat sehingga pihaknya punya optimisme tinggi untuk tidak membawa tim utama.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Saya sudah kasih, sudah dipilih,” kata Rionny saat dijumpai di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/3/2023).

Meski akan membawa tim pelapis, namun PBSI menaruh kepercayaan tinggi kepada para pemainnya karena secara kualitas punya kekuatan yang bisa bersaing dengan lawan-lawan dari Asia Tenggara.

Bahkan PBSI menilai kemampuan para pebulu tangkis pelapis tak kalah dari sektor utama, yang nantinya akan diarahkan untuk mengikuti Piala Sudirman karena berlangsung dalam waktu hampir bersamaan dengan SEA Games 2023.

“Tapi di SEA Games kita tidak terlalu kendala karena juga ada pelapis, kan banyak yang kuat-kuat seperti misalnya Chico (Aura Dwi Wardoyo, tunggal putra),” ungkap Rionny.

Meski belum secara rinci menyebutkan susunan lengkap timnas di SEA Games, namun Rionny yakin timnya bisa mengulangi kesuksesan SEA Games 2021 di Vietnam yang memboyong tiga medali emas.

“Tidak ada masalah, di SEA Games juga targetnya bisa. Saya yakin bisa, justru yang muda lebih lebih loss karena SEA Games kelihatannya kecil tapi pressure lebih gede dari Asian Games atau Olimpiade,” ujar Rionny.

SEA Games 2023 akan berlangsung pada 5-17 Mei 2023, sedangkan Piala Sudirman dilangsungkan pada 14-21 Mei 2023 di Suzhou, China.

PBSI melihat kejuaraan beregu itu lebih bergengsi daripada SEA Games, sehingga pebulu tangkis utama akan mewakili Merah Putih pada agenda tersebut.  “Ya di sana memang full team lagi di Sudirman,” kata Rionny singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya