SOLOPOS.COM - Ilustrasi kok dan raket bulu tangkis. (Antara/Shutterstock)

Solopos.com, MEDAN – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan bahwa penyelenggaraan dua turnamen internasional di Medan merupakan bagian dari upaya untuk pemerataan pembinaan olahraga tepok bulu tersebut.

“Kami ingin memeratakan pembinaan bulu tangkis, bahkan sampai di pelosok,” ujar Kepala Bidang Humas dan Media PBSI Broto Happy dikutip Antara, Rabu (3/5/2023).

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Pada tahun 2023, Medan menjadi tuan rumah dua kejuaraan bulu tangkis internasional yakni Indonesia International Challenge pada 29 Agustus-3 September 2023 dan Indonesia Super 100 I pada 5-10 September 2023. Dua kejuaraan itu berlangsung di GOR Pancing.

Indonesia International Challenge merupakan turnamen internasional yang digelar oleh PBSI sejak tahun 1997 dan diakui oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Pada tahun 2022, Indonesia International Challenge dilaksanakan di Yogyakarta dan Malang dengan peserta dari Indonesia, Jepang, Taiwan, China dan lain-lain.

Berdasarkan laman badmintonasia.org, Indonesia International Challenge 2023 berhadiah total US$15.000. Sementara itu, Indonesia Super 100 I adalah kompetisi yang masuk kalender tur BWF dengan total hadiah mencapai US$100.000.

Menurut PBSI, sengitnya persaingan di dua kompetisi internasional tersebut berpotensi meningkatkan gairah bulu tangkis di Sumatera Utara, khususnya Medan. Dengan begitu, PBSI berharap Sumatra Utara, termasuk Medan, bisa menghasilkan pebulu tangkis berlevel dunia.

“Semoga PBSI bisa merekrut bibit-bibit baru berpotensi dari Medan,” tutur Broto.

Sumatra Utara mempunyai tokoh bulu tangkis yang namanya harum di kancah internasional sampai saat ini yakni Dick Sudirman, salah satu pendiri PBSI dan mengetuai organisasi tersebut pada tahun 1952-1963 dan 1967-1981.

Pria kelahiran Pematang Siantar, 29 April 1922, itu menjadi wakil presiden Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF) pada tahun 1975 dan saat ini namanya diabadikan menjadi kejuaraan bulu tangkis beregu internasional yakni Piala Sudirman (Sudirman Cup).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya