SOLOPOS.COM - Brendan Rodgers (telegraph.co.uk)

Brendan Rodgers (telegraph.co.uk)

LIVERPOOL – Pelatih Swansea, Brendan Rodgers, akhirnya sepakat menjadi pawang baru The Reds, Liverpool. Seperti diberitakan BBC, pelatih berusia 39 tahun ini akan meneken kontrak selama tiga tahun. Saat ini proses negosiasi pemberian kompensasi bagi Swansea disebut masih berjalan, di mana nilainya mencapai 4-5 juta poundsterling atau lebih kurang Rp59 miliar.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Sebelum ini Liverpool mendepak pelatih Kenny Dalglish 16 Mei lalu setelah tim yang bermarkas di Anfield itu hanya menduduki peringkat ke-8 di Liga Premier. The Reds ketinggalan 17 poin untuk mencapai kualifikasi Liga Champions, namun sukses memenangi Piala Liga dan mencapai final Piala FA.

Swansea yang saat ini ditangani Rodgers memang tampil mengesankan sejak masuk Liga Premier dan bahkan sempat mengalahkan Liverpool 1-0 di hari terakhir musim pertandingan.

Sejak mendepak Dalglish, Liverpool langsung sibuk berburu manajer baru. Selain Rodgers, nama-nama yang juga diincar adalah manajer Wigan, Roberto Martinez, mantan pelatih Chelsea Andre Villas-Boas, mantan pelatih Timnas Inggris Fabio Capello serta pelatih Ajax, Frank de Boer.

Rodgers sendiri sebelum ini justru menolak tawaran Liverpool sehingga manajemen Anfield pun beralih mengontak Roberto Martinez. Pemimpin Wigan, Dave Whelan bahkan sempat mengungkapkan kalau pelatihnya sudah ditawari pindah ke Anfield. Namun rupanya Liverpool memang lebih mengincar Rodgers, dan pada Rabu (30/5/2012) malam pemimpin Swansea, Huw Jenkins, merilis pernyataannya yang berbunyi “Saya dikontak Liverpool kemarin malam dan mereka meminta izin untuk berbicara dengan Brendan [Rodgers] terkait lowongan yang ada.”

“Saya sudah bicara dengan Brendan untuk membicarakan minat mereka dan pandangannya apakah dia mau berunding dengan Liverpool,” sebut pernyataan Jenkins itu. Jenkins juga menyatakan bahw Rodgers ingin bicara dengan Liverpool dan lantas melakukannya. “Menyusul pembicaraan dengan para pemilik Liverpool, Brendan sudah memberitahu kami bahwa dia ingin menerima tawaran mereka untuk menangani Liverpool,” ujar Jenkins.

Karier Rodgers bermulai di Watford tahun 2008 setelah sempat melatih di Reading dan Chelsea. Saat menangani Swansea mulai Juli 2010, Rodgers sukses membawa tim asal Wales itu menembus Liga Premier pada Juli 2011. Swansea pun mencatat sejarah sebagai klub pertama asal Wales yang masuk kompetisi bergengsi itu.

Siapakah Brendan Rodgers?

1973: lahir 26 Januari di Carnlough, Irlandia Utara
1987: Memulai karier sepakbola sebagai bek di Ballymena United
1990: Main di Reading namun terpaksa berhenti dini akibat cedera. Berlanjut menjadi pelatih.
2004: Jose Mourinho menunjuk Rodgers sebagai manajer tim junior Chelsea.
2006: Mendapat promosi sebagai manajer tim cadangan.
2008: Pindah ke Watford
Juni 2009: Kembali ke Reading menggantikan Steve Coppell
Desember 2009: Mundur dari Reading setelah gagal.
Juli 2010: Melatih Swansea
Mei 2011: Membawa Swansea masuk Liga Premier
Mei 2012: Membawa Swansea mencapai peringkat 11 di masa Liga Premier pertama mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya