SOLOPOS.COM - Roy Hodgson (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Roy Hodgson (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

LONDON —Roy Hodgson akhirnya resmi menjadi pelatih Timnas Inggris menggantikan Fabio Capello yang mundur beberapa waktu lalu. Pelatih West Bromich Albion berusia 64 tahun disodori kontrak oleh Asoasiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk menukangi skuat berjuluk The Three Lions selama empat tahun.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepastian itu didapat Hudgson, Selasa (1/5/2012). Dia akan menjalani dua peran sekaligus bersama West Bromich Albion dan Timnas Inggris sampai akhir musim ini. Artinya, Hudgson akan berjibaku mempersiapkan Inggris ke Euro 2012 dan memimpin West Bromich di sisa pertandingan terakhir di Liga Premier Inggris melawan Bolton dan Arsenal.

“The Football Association (FA) dengan bangga mengumumkan kesepakatan Roy Hodgson sebagai manajer Inggris,” ujar FA dalam pernyataan resminya, sepeti dilansir Daily Mail.

Pria berusia 64 tahun itu akan menjalani debutnya memimpin Jhon Terry dkk saat melawan Norwegia, 26 Mei mendatang. Dengan kontrak selama empat tahun dari sekarang, berarti Hodgson akan mengakhiri tugasnya saat dia berusia 68 tahun.

Pria berambut pirang telah menggenggam delapan gelar di pentas liga selama kariernya dan berpengalaman menukangi tim nasional Swiss, Finlandia dan Uni Emirat Arab. Karier kepelatihannya kian bersinar setelah mampu membawa Swiss ke gerbang putaran final Piala Dunia 1994 untuk kali pertama sejak 28 silam. Dia pernah dinobatkan sebagai pelatih berperingkat nomor tiga dunia saat sukses dalam kualifikasi ke Euro 1996.

Jam terbang Hodgson di pentas liga-liga Eropa juga tak perlu diragukan. Dia pernah memoles Inter Milan, Blackburn Rovers, Grasshoppers, FC Copenhagen, Fulham dan Liverpool.

Penunjukkan Hodgson sebagai pelatih anyar memberi kejutan bagi semua kalangan. Sebab, sudah menjadi rahasia umum, banyak fans dan pemain yang lebih menfavoritkan Harry Redknapp untuk duduk di kursi panas tersebut. Namun, tampaknya Redknapp cukup berbesar hati melihat Hodgson yang sudah santer diberitakan akan menukangi Inggris sejak tiga hari terakhir.

“Saya suka Roy, dia pria hebat dan saya yakin dia akan sukses,” jelas Redknapp.

Sementara mantan pemain Timnas Inggris, Gary Neville mengatakan Hodgson akan menghadapi tantangan besar dalam beberapa bulan ke depan. “Dengan segudang pengalaman di berbagai belahan dunia, dia tetap tidak siap untuk jabatan ini,” ujar Neville.

West Brom juga telah mengonfirmasi keputusan Hodgson yang sepakat menukangi The Three Lions, sambil menyelesaikan pertandingan klub di akhir musim ini.

“Persetujuan Roy menjadi manajer Inggris jelas kabar yang mengecewakan bagi klub karena kami ingin menawarinya kontrak baru, dengan proses negosiasi sebagai pelatih kepala,” kelas Chairman West Brom, Jeremy Peace.

“Tapi kami bisa memahami ambisi Roy mengambil pekerjaan itu dan dia akan meninggalkan kami setelah pertandingan melawan Arsenal pada 13 Mei,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya