SOLOPOS.COM - Mantan petenis nomor satu dunia asal Swedia, Stefan Edberg, bergabung dalam staf kepelatihan Roger Federer. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, ZURICH – Merekrut nama besar pelatih tampaknya sedang mengalami tren di kalangan para petenis papan atas. Setelah ranking dua dunia, Novak Djokovic kini giliran Roger Federer, yang mendatangkan pemegang enam trofi Grand Slam, Stefan Edberg, dalam staf kepelatihannya.

Edberg merupakan juara Grand Slam Wimbledon sebanyak dua kali, yakni 1988 dan 1990. Petenis asal Swedia ini juga sempat menempati posisi ranking satu dunia dalam daftar peringkat ATP.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Edberg akan mulai menjalani tugasnya sebagai pelatih Federer, saat kolektor 17 gelar Grand Slam itu bersiap menghadapi Australia Open di Melbourne, Januari nanti.

“Stefan adalah pahlawan masa kecilku dan saya sangat menantikan menghabiskan waktu bersama, dan belajar, dengannya,” ujar Federer, dilansir BBC, Sabtu (28/12/2013).

“Saya sangat tertarik menjadi bagian dari tim Rodger dan saya berharap bersama-sama kami bisa membawanya ke penampilan terbaik,” imbuh Edberg.

Sebelumnya, Djokovic juga telah mengumumkan merekrut mantan petenis nomor satu dunia, Boris Becker. Becker, yang pernah berhadapan dengan Edberg di final Wimbledon selama tiga kali beruntun, menyandang status sebagai kepala pelatih Djokovic.

Tren merekrut pelatih yang memiliki nama besar dan merupakan mantan petenis papan atas sebelumnya juga telah dilakukan Andy Murray. Petenis Inggris Raya itu sejak 2011 lalu, telah merekrut Ivan Lendl sebagai pelatihnya.

Kehadiran Lendl, yang posisinya sebagai petenis nomor satu digantikan Edberg pada era 1990-an, dalam karier Murray terbukti efektif. Murray mampu memenangi Grand Slam pertamanya, dengan menjuarai US Open di 2012 dan disusul dengan Wimbledon pada 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya