SOLOPOS.COM - Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia Irwansyah saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (20/9/2023). (Antara/Arnidhya Nur Zhafira)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah, menyoroti pentingnya bagi para atletnya untuk bisa bermain lepas demi melewati sengitnya persaingan di sektor tersebut, terutama di turnamen besar termasuk Asian Games 2022 Hangzhou.

“Tunggal putra memang selalu ketat. Kalau menurut saya dari dari (Asian Games) 2018 sampai sekarang ya tetap (ketat), semuanya 50:50,” kata Irwansyah saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Jadi makanya yang saya bilang, paling penting pemain kita ini mereka tidak terlalu memikirkan yang terlalu membebani diri sendiri. Karena yang kita lihat kalau mereka bisa bermain dengan enjoy, juara itu datang buat mereka. Kuncinya, mereka harus enjoy,” ujarnya.

Terkait persiapan jelang Asian Games 2022 yang digelar pada 2023 ini, Irwansyah mengatakan semuanya sudah berjalan dengan cukup baik. Ia juga menilai, seluruh anak asuhnya memiliki tren performa yang positif, dan sudah siap untuk bertanding di Hangzhou, pekan depan.

“Persiapannya semua sudah bagus dan kemarin juga Jonatan bisa jadi juara di Hong Kong. Jadi, memang dari kalau melihat dari performa anak-anak ini kalau menurut saya semuanya sudah siap untuk bertanding di Asian Games,” ujar Irwansyah.

Saat disinggung mengenai target di Asian Games 2022 Hangzhou, Irwansyah tidak memiliki target tertentu. Tapi, ia berharap tunggal putra bisa membawa pulang medali, terlepas dari apa pun warnanya, dari pesta olahraga terbesar se-Asia itu.

“Mengenai target, pasti kita ingin, mau juara. Tapi dari saya pribadi, yang penting mereka bisa (mendapatkan) medali — medali yang mana saja,” kata Irwansyah.

“Maka dari itu seperti yang saya bilang, pentingnya mereka nyaman pikirannya dulu, pasti hasilnya bagus. Itu saja,” ujarnya menambahkan.

Mengenai strategi untuk nomor beregu, pelatih mengatakan baik sektor tunggal maupun ganda putra kompak untuk mengumpulkan poin dan meraih kemenangan di Asian Games mendatang.

“Kalau menurut saya, yang penting kami berangkat satu tim — tunggal putra dan ganda putra kompak untuk meraih kemenangan.

Siapa pun yang diturunkan, pasti mereka memberikan yang terbaik buat nama bangsa dan negara. Jadi kami mohon dukungannya dan doanya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menargetkan bisa meraih tiga medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis pada Asian Games 2022 Hangzhou.

Ketiga medali emas tersebut diharapkan diperoleh dari tiga nomor, yaitu beregu putra, tunggal putra, dan ganda putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya