SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pemain baru Arsenal Gabriel Paulista asal Brasil ini masih mengalami kendala bahasa di London.

Solopos.com, LONDON— Pemain baru Arsenal, Gabriel Paulista, bakal mendapatkan kesempatan untuk melakoni debut bersama timnya ketika menjamu Middlesbrough pada babak 16 besar Piala FA di Stadion Emirates, London, Minggu (14/2/2015) pukul 23.00 WIB.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Gabriel didatangkan dari Villarreal dengan banderol 11 juta poundsterling (Rp215,5 miliar) pada bursa transfer Januari ini. Bek berusia 24 tahun tersebut digadang-gadang bisa menjadi penopang lini belakang Arsenal pada musim ini.

Hanya, pemain asal Brasil tersebut masih membutuhkan penyesuaian di tim asal London Utara tersebut, terutama masalah bahasa. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyebut Bahasa Inggris  Gabriel sangat buruk dan itu bisa menjadikan kendala baginya untuk cepat beradaptasi dengan tim. Bahkan, kendala bahasa yang dialami bel asak Negeri Samba itu ditakutkan mendatangkan risiko gawang Arsenal kebobolan gol lawan.

“Ketika Anda tidak bisa berbicara Bahasa Inggris dan Anda tidak paham arti ‘come out [keluar], come back [balik], right [kanan], left [kiri],’ maka itu akan menjadi masalah bagi seorang defender. Anda harus tahu kata kunci. offside, referee [wasit], foul [pelanggaran],” urai Wenger, seperti dilansir bbc.com, Sabtu (14/2).

Wenger sangat bersimpati dengan kondisi Gabriel yang kesulitan memahami bahasa yang dipakai di sekitar lingkungannya. Pelatih berpaspor Prancis itu paham karena pernah merasa “terasing” ketika menangani tim Jepang, Grampus Eight, lantaran dirinya tak mahir dengan bahasa setempat. Namun, pelatih asal Prancis itu menilai ada sisi positif apabila Gabriel tidak mahir menggunakan bahasa di lingkungannya.

“Para pemain selalu dalam tekanan besar karena segala yang mereka lakukan dianalisis komentator dan media. Para pesepak bola modern berada dalam kondisi itu, ketahanan stres harus lebih kuat dibandingkan 10 tahun lalu. Dia [Gabriel] tidak membaca  berita. Dia akan fokus pada permainan, ini salah satu keuntungnya [tidak paham Bahasa Indonesia],” beber Wenger.

Mantan bek Villarreal itu kemungkinan akan menggantikan posisi Per Metersacker di jantung pertahanan The Gunners pada akhir pekan ini. Mertesacker bakal diistirahatkan agar bisa dalam kondisi bugar saat turun pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions versus AS Monaco, medio pekan depan. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Bintang baru Arsenal Gabriel Paulista ini terkendala bahasa saat bergabung dengan klub London. Ist/c

Bintang baru Arsenal Gabriel Paulista ini terkendala bahasa saat bergabung dengan klub London. Ist/c

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya