SOLOPOS.COM - Pemain Barcelona Dani Alves akan mengangkat trofi Piala Super jika timnya mengalahkan Sevilla. Ist/dok

Pemain bintang Barcelona, Dani Alves, selangkah lagi samai rekor Maldini dalam mengangkat trofi Piala Super UEFA.

Solopos.com, TBILISI— Bek kanan Barcelona, Dani Alves, bakal menyamai rekor Paolo Maldini sebagai pemain yang bisa mengangkat trofi Piala Super UEFA (Eropa) sebanyak empat kali apabila bisa mengalahkan Sevilla di Tbilisi, Georgia, Rabu (12/8/2015) pukul 01.45 WIB.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Sebelumnya, Alves telah mencicipi titel Piala Super UEFA dalam tiga kali kesempatan dengan dua tim berbeda. Ironisnya, gelar pertamanya di Piala Super UEFA itu diperoleh ketika berkostum Sevilla, yang menjadi lawan Barcelona di pertengahan pekan ini.

Pada 2006, Alves bersama Sevilla membungkam Barcelona dengan skor telak 3-0. Ia bahkan dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) pada pertandingan yang digelar di Monaco tersebut. Sementara dua gelar lainnya dia menangi bersama raksasa Catalan, masing-masing dengan mengalahkan Shakhtar Donetsk 1-0 pada 2009 dan menumbangkan Porto 2-0 pada 2011.

Adapun Maldini menjuarai empat gelar Piala Super UEFA bersama AC Milan masing-masing pada 1989 (menundukkan Barcelona), 1990 (mengalahkan Sampdoria), 1994 (mengalahkan Arsenal), dan 2003 (menumbangkan Porto).

Sebenarnya, Milan di era Maldini pernah lima kali lolos ke ajang yang mempertemukan juara Liga/Piala Champions kontra pemenang Liga Europa/Piala UEFA/Piala Winners itu. Namun pada 2007, dia tidak masuk skuat Rossoneri, julukan Milan, karena cedera.

Reuni dengan Sevilla tak hanya dialami Alves. Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic, juga akan menjalani reunio emosional dengan Sevilla. Pemain asal Kroasia tersebut pernah mengantar Sevilla menjadi juara Liga Europa pada 2013/2014 dan meloloskan tim Andalusia itu ke Piala Super UEFA pada 2014. Namun, ia tak membela Sevilla di Piala Super UEFA 2014 karena telah hijrah ke Barcelona. Sevilla pun dikalahkan Real Madrid pada Piala Super UEFA dua tahun silam.

“Saya fans besar Sevilla, namun tidak untuk laga ini. Saya sekarang membela klub ini [Barcelona] dan saya akan memberikan yang terbaik kepada klub dan fans di sini,” jelas Rakitic, seperti dilansir Reuters, Senin (10/8/2015).

Adriano Correia juga menjadi mantan pemain Sevilla yang akan membela Barcelona di Tbilisi. Sama seperti Alves, ia mengenakan kostum Sevilla ketika membungkam Barcelona pada Piala Super UEFA 2006 lalu. Tak salah apabila media Spanyol, Marca, lantas menyebut Alves, Adriano, dan Rakitic seperti “bercermin” ketika mereka turun di Tbilisi nanti.

Sebenarnya masih ada satu lagi mantan pemain Sevilla yang kini berkostum Barcelona, Aleix Vidal. Vidal didatangkan Blaugrana, julukan Barcelona, pada musim panas ini. Namun, ia belum bisa turun membela Barcelona hingga Januari nanti karena sanksi larangan transfer. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya