SOLOPOS.COM - Essien bergabung ke Persib Bandung (persib.co.id)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah pemain sepak bola top dunia pernah bermain di Liga Indonesia, berikut ulasan selengkapnya.

Setelah meraih kesuksesan di berbagai klub top Eropa atau membela negara, ada beberapa pemain yang memutuskan merumput di Tanah Air.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Saat bermain di Indonesia usia mereka sudah tak muda lagi. Namun, sisa-sisa kejayaan mereka masih membekas di benak para pencinta sepak bola. Kehadiran mereka di Liga Indonesia pun menjadi daya tarik tersendiri.

Lantas, siapa saja pemain sepak bola top dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia? Berikut ini ulasannya berdasar informasi yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Kamis (7/9/2023).

1. Roger Milla

Milla pernah membela sejumlah klub Prancis seperti AS Monaco, Bastia, hingga Montpellier. Namun, pencapaian tertinggi Roger Milla adalah tiga kali tampil di Piala Dunia, yakni pada 1982, 1990 dan 1994 bersama timnas Kamerun.

Pencapain terbaik Roger Milla di Piala Dunia pada 1990. Dari lima pertandingan, Roger Milla mengemas empat gol dan membawa Kamerun lolos ke perempatfinal.

Di Indonesia, Roger Milla sempat membela Pelita Jaya pada 1994-1995. Dari 23 pertandingan ia mengemas 23 gol. Kemudian pada 1995-1996 Roger Milla membela Putra Samarinda dan mengemas 12 gol dari 18 pertandingan.

2. Didier Zokora

Pemain sepak bola top dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia selanjutnya adalah Didier Zokora. Dia memperkuat Pantai Gading di tiga Piala Dunia, yakni pada 2006, 2010 dan 2014. Ia juga pernah memperkuat salah satu klub kuat Inggris, Tottenham Hotspur pada 2006-2009.

Bagaimana dengan kiprah Didier Zokora di Indonesia? Ia sempat membela Semen Padang pada Liga 1 2017 dengan catatan 11 penampilan tanpa mengemas satu gol pun.

3. Peter Odemwingie

Pemain sepak bola top dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia berikutnya yakni Peter Odemwingie. Dia 62 kali membela timnas Nigeria dengan catatan 11 gol.

Ia juga sempat membela sejumlah klub elite Eropa seperti Lille (Prancis), Lokomotiv Moskow (Rusia), hingga klub-klub Inggris seperti Stoke City dan WBA.

Setelah melalangbuana di Eropa, Peter Odemwingie memutuskan berlabuh ke Madura United pada Liga 1 2017. Saat itu, pemain yang juga dapat diperankan sebagai winger itu tampil tajam dengan catatan 15 gol dalam 22 pertandingan.

4. Michael Essien

Pemain sepak bola top dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia lainnya adalah Michael Essien. Bola mania tentu sudah tahu sepak terjang Michael Essien sebelum mengadu nasib di Indonesia.

Gelandang berpaspor Ghana ini membela sejumlah klub top Eropa, mulai dari Chelsea, Real Madrid, hingga AC Milan. Gelandang petarung ini juga pernah membela Ghana di Piala Dunia 2006.

Di Indonesia, Michael Essien berkarier bersama Persib Bandung di Liga 1 2017. Ia turun dalam 29 pertandingan dengan koleksi lima gol. Sayangnya, Michael Essien hanya satu tahun merumput di Indonesia.

5. Mario Kempes

Pemain sepak bola top dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia berikutnya yaitu Mario Kempes. Dibanding empat nama di atas, Mario Kempes paling menggila dalam segi perolehan trofi.

Mario Kempes pernah membawa Valencia juara Copa del Rey 1978-1979, Piala Winner 1979-1980, dan Piala Super Eropa 1980.

Namun, yang paling fantastis adalah trofi World Cup atau Piala Dunia 1978. Saat itu, Mario Kempes membawa Argentina juara Piala Dunia 1978 setelah di final menang 3-1 atas Belanda.

Mario Kempes bahkan mencetak dua gol dalam partai final dan keluar sebagai top skor turnamen dengan enam gol.

Mario Kempes tiba di Tanah Air pada 1993 atau di usia 39 tahun dengan membela Pelita Jaya. Tampil dalam 18 pertandingan, Mario Kempes mengemas 12 gol. Ia juga membawa Pelita Jaya juara Galatama 1993-1994.

Itulah deretan pemain top dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia. Bagaimana, ada yang baru tahu pernah ada sejumlah pemain top dunia yang merumput di Tanah Air?

Fakta di atas menunjukkan Liga Indonesia sejatinya masih diperhitungkan di mata pesepakbola level dunia. Diharapkan sepak bola Tanah Air terus berkembang hingga mencapai prestasi tinggi, semoga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya