SOLOPOS.COM - Pelatih Shin Tae-yong memberi wejangan kepada para Timnas Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Turki, Selasa (2/1/2024), jelang uji coba melawan Libya. (pssi.org)

Solopos.com, ANTALYA — Kekuatan Timnas Indonesia untuk mengarungi Piala Asia 2023 sudah lengkap setelah tiga pemain naturalisasi bergabung ke pemusatan latihan di Turki.

Dua pemain Justin Hubner dan Sandy Walsh telah bergabung bersama 28 pemain lain yang lebih dahulu menjalani persiapan di Antalya, Turki pada Senin (1/1/2024).

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Satu pemain lagi, Elkan Baggott dijadwalkan tiba malam ini.

Ketua PSSI Erick Thohir menyambut positif bertambahnya amunisi tim asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Ia meminta para pemain tampil habis-habisan demi Merah Putih di Piala Asia 2023.

Indonesia akan menjalani dua laga uji coba melawan Libya malam ini dan 5 Januari di Turki.

Perjuangan timnas di Piala Asia 2023, Qatar akan dimulai pada 12 Januari melawan Irak.

“Komplet sudah kekuatan utama Timnas Merah Putih untuk meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023, Qatar. Dengan gabungnya Hubner, Walsh, lalu Baggott, kini tugas berada di tangan coach Shin Tae-yong untuk meramu tim inti agar tampil maksimal mengarungi perjuangan di Grup D yang tidak ringan,” ujar Erick di Jakarta , Selasa siang, seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI.

Pada Piala Asia 2023, tim Merah Putih bergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Shin Tae-yong menargetkan Asnawi Mangkualam dkk. bisa melaju hingga babak 16 besar.

“Saya ingin timnas tampil mati-matian. Bukan apa-apa, ini kesempatan besar kita bisa tampil kembali di level Asia sejak terakhir tahun 2007. Jadi sudah 16 tahun tidak main di ajang ini sehingga sudah seharusnya harus total dan anggap ini kesempatan emas untuk buktikan bahwa level kita bisa bersaing dengan para jawara sepakbola Asia,” tegasnya.

Dengan bergabungnya Hubner, Walsh, dan Baggott tercatat ada 31 pemain Indonesia yang menjalani TC di Turki.

Sebanyak 19 pemain dibawa langsung dari Tanah Air. Sedangkan lainnya menyusul ke Turki karena mereka merumput di liga-liga luar negeri, seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Rencananya hanya 26 pemain yang pasti dibawa STY ke Piala Asia 2023. Seleksi akhir akan ditentukan sebelum turnamen berlangsung.

Sebelum terjun di Piala Asia 2023, Indonesia masih menjalani satu laga uji coba lagi melawan Iran di Qatar yang diagendakan 9 Januari 2024.

Tim Nasional Indonesia bakal menjajal kekuatan Libya dalam uji coba yang digelar di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam.

Dalam pertandingan persahabatan yang disiarkan Indosiar mulai pukul 19.30 WIB ini, Shayne Pattynama dipastikan absen.

Pesepak bola yang bermain untuk klub Viking FK (Norwegia) itu harus kembali ke Belanda untuk mengurus ibundanya yang sakit keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya