SOLOPOS.COM - Nathan Tjoe-A-On pemain Swansea City yang tertarik membela Timnas Indonesia. (Instagram/nathantjoeaon).

Solopos.com, SOLO–Pemain Belanda keturunan Indonesia yang kini bermain untuk Swansea City Nathan Tjoe-A-On sudah memulai proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) agar bisa menjadi pemain timnas Indonesia.

Itu dinilai sebagai bentuk keseriusan pemain muda tersebut dalam mewujudkan cita-cita PSSI untuk membawa timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Nathan Tjoe-A-On sedang berada di Indonesia untuk mengurus proses awal naturalisasi. Di sela waktu dia hadir langsung menyaksikan laga timnas Indonesia vs Brunei Darussalam dalam kualifikasi babak pertama zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023).

Kehadiran Nathan Tjoe-A-On tersebut diketahui dari unggahan akun Instagram Story Ketua Umum PSSI Erick Thohir, seusai pertandingan.

Dalam unggahan tersebut Erick menunjukkan video dirinya bertemu dengan Nathan di dalam stadion. Ada pula momen ketika Nathan bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick menyampaikan kedatangan Nathan Tjoe-A-On ke Indonesia untuk mengurus proses naturalisasi dari warga negara Belanda menjadi warga negara Indonesia (WNI).

“Dia serius [membela timnas Indonesia]. Kalau enggak, dia enggak datang sama bapaknya. Kalau enggak, dia enggak dikenalin sama Presiden,” ucap Erick Thohir saat ditanya tentang kehadiran Nathan Tjoe-A-On.

Erick melanjutkan kehadiran pemain naturalisasi dinilai penting untuk mewujudkan target menembus Piala Dunia 2026. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini meminta Indonesia memperebutkan satu dari delapan slot di Piala Dunia 2026 dari zona Asia.

“Kita memerlukan 2 x 11 pemain tim senior yg sama levelnya. Kalau kita mau terus lebih baik lagi karena kompetisi akan makin tinggi, pertandingan akan makin berat, semua negara juga ingin [ke Piala Dunia]. Karena ingat, jatah Asia kan delapan setengah. Siapa yang enggak kepengin?” ujar Erick Thohir.

Sejak dilatih Shin Tae-yong, timnas Indonesia memang telah melakukan naturalisasi untuk sejumlah pemain. Sebut saja Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Salsh, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Shayne Pattynama.

Shin juga telah memberi komentar terkait rencana naturalisasi Nathan Tjoe-A-On. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku tak mau buru-buru untuk memutuskan apakah pemain tim Swansea City itu akan diberi kesempatan membela timnas Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Nathan Tjoe-A-On Nonton Timnas Indonesia vs Brunei, Erick: Dia Serius Mau Naturalisasi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya