SOLOPOS.COM - Gelandang Manchester City dan Pantai Gading, Yaya Toure. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MANCHESTER – Gelandang Manchester City, Yaya Toure, menyabet gelar pemain terbaik Afrika 2013. Penghargaan yang diberikan oleh BBC ini diperoleh Toure setelah mengungguli para pemain Afrika lainnya yang dinominekan, yakni gelandang Chelsea, John Obi Mikel, penyerang pinjaman Liverpool, Victor Moses, striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang dan winger Rennes, Jonathan Pitroipa.

“Saya rasa saya telah dinominekan untuk lima tahun berturut-turut dan akhirnya saya memenangi penghargaan menakjubkan ini. Saya sangat bahagia karena para fans telah memberikan kepada saya, jadi saya sangat mengapresiasinya,” ujar Toure kepada BBC Sport, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (3/12/2013) WIB.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Sebanyak lima pemain dinominekan oleh sebanyak 44 pengamat sepak bola dari seluruh penjuru Afrika. Lima pemain tersebut dipilih berdasarkan kemampuan skillnya, teknis, teamwork, konsistensi serta fair play di lapangan.

Meski demikian, penentuan pemenang sepenuhnya diberikan kepada para fans. Penentuan pemenang ditentukan lewat voting yang berasal dari pilihan para fans secara online.

Meski baru memberikan satu gelar juara pada City, yakni trofi Liga Premier di musim 2012-2013, namun hal itu sudah cukup membuat Toure mendapat dukungan dari fans. Performanya bersama eks manajer City, Roberto Mancini, dan manajer saat ini, Manuel Pellegrini, sudah cukup membuat para fans terkesima.

“Ini merupakan prestasi yang fantastis karena saya tak berpikir akan mendapatkannya karena banyak pemain-pemain Afrika berkualitas yang tampil di level atas sepak bola saat ini, seperti Aubameyang, Pitroipa, Mikel, Mises, Salomon Kalou, Gervinho, dll. Mereka merupakan pemain-pemain yang fantastis,” imbuh pemain internasional Pantai Gading itu.

“Saya juga merasa bahwa sepak bola Afrika mengalami peningkatan dan itu berarti banyak bagi kami. Dan sebagai orang Afrika, saya sangat bahagia.”

Toure tampil cukup impresif, baik di level klub maupun timnas. Bersama The Citizen, julukan City, Toure sejauh ini telah menyumbang 13 gol dan mengantar timnya lolos ke fase knock out Liga Champions. Sementara bersama timnas, Toure turut berjasa mengantarkan Pantai Gading lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Daftar Pemain Terbaik Afrika 10 Tahun Terakhir
2012 – Christopher Katongo (Henan Construction/Zambia)
2011 – Andre ‘Dede’ Ayew (Marseille/Ghana)
2010 – Asamoah Gyan (Sunderland/Ghana)
2009 – Didier Drogba (Chelsea/Pantai Gading)
2008 – Mohamed Aboutrika (Al Ahly/Mesir)
2007 – Emmanuel Adebayor (Arsenal/Togo)
2006 – Michael Essien (Chelsea/Ghana)
2005 – Mohamed Barakat (Al Ahly/Mesir)
2004 – Jay Jay Okocha (Bolton/Nigeria)
2003 – Jay Jay Okocha (Bolton/Nigeria)
2002 – El Hadji Diouf (Liverpool/Senegal)
2001 – Sammy Kuffour (Bayern Munich/Ghana)
2000 – Patrick Mboma (Parma/Kamerun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya