SOLOPOS.COM - Penyerang timnas Indonesia Ramadhan Sananta melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan Brunei Darussalam pada laga kualifikasi babak pertama zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLO–Salah satu pemandu bakat sepak bola terkemuka, EK Scouting, menyoroti penampilan penyerang timnas Indonesia sekaligus Persis Solo Ramadhan Sananta.

EK Scouting memaparkan analisisnya melalui akun Twitter/X, @EKscouting (Emirhan), belum lama ini. Menurut analisis tersebut gaya permainan Ramadhan Sananta dinilai seperti David Villa, mantan penyerang timnas Spanyol dan Barcelona.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ramadhan Sananta kali terakhir tampil saat timnas Indonesia membantai Brunei Darussalam 6-0 dalam laga leg pertama kualifikasi babak pertama zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam.

Sananta yang diturunkan di babak kedua menggantikan Hokky Caraka pada menit ke-57 menyumbang dua gol atau brace hanya dalam waktu lima menit yakni pada menit 62 lewat tendangan penalti dan menit 67 lewat sundulan.

Penampilan Sananta selama ini ternyata tak luput dari pantauan EK Scouting. Pemandu bakat sepak bola itu menyampaikan analisis melalui unggahan di akun Twitter/X.

Berikut analisis EK Scouting dikutip pada Minggu (15/10/2023):

Statistik

Ramadhan Sananta disebut telah mencetak 29 gol dan assist atau umpan berbuah gol dalam 59 pertandingan. Statistik itu dinilai sangat mengesankan.

Sepak Terjang Ramadhan Sananta

Ek Scouting menyebut meski masih muda (20 tahun), Sananta sudah bermain di banyak klub, meliputi Harjuna Putra, Persikabo 1973, PSM Makassar, dan klubnya saat ini Persis Solo.

Agensi Sananta GBL-Indo Bola Mandiri. Kontraknya saat ini akan berakhir pada 31 Mei 2025 mendatang. “Klub-klub Eropa di luar lima liga top patut mencermatinya,” tulis EK Scouting.

Pencapaian Terpenting Ramadhan Sananta

  • 1x juara SEA Games (2023).
  • 1x juara Liga 1 Indonesia bersama PSM Makassar (2022/2023).
  • 1x peserta AFC Cup.
  • 1x pencetak gol terbanyak SEA Games.

Gaya Bermain Ramadhan Sananta

Ramadhan adalah penyerang sejati. Dia pencetak gol, memiliki kecepatan, kemampuan hebat, dan keuntungan telah bermain di Liga 1 Indonesia selama bertahun-tahun.

Dia juga cepat dan terutama selama transisi. Sananta beroperasi hampir seperti memainkan peran dua penyerang sekaligus, pemain yang seimbang dengan kemampuan penyelesaian yang sangat baik.

Sananta adalah pencetak gol yang ulung. Gerakannya, sentuhan, dan bidikan yang mematikan memungkinkannya untuk memanfaatkan setiap peluang yang diberikan kepada karakter yang paling tegas ini.

Striker andalan Persis Solo itu disebut sebagai penyerang yang cerdas, mampu mencetak gol dari berbagai situasi, dan menemukan ruang dengan lari dan gerakan yang sulit dilacak.

Dia memiliki kemampuan untuk melepaskan diri dari pemain kawalan pemain lawan dan mendistribusikan permainan di tengah lapangan.

Taktikal Permainan Ramadhan Sananta

Gerakan Sananta menjadi kekuatan khusus. Ia kerap berlari menjauh dari bek tengah dan masuk ke ruang kosong.

Ketika berada di sana, ia mampu menyelesaikan kebuntuan dengan cepat. Ia juga dapat memberikan berbagai jenis penyelesaian, menjadikannya ancaman untuk lawan.

Ia sering menunggu hingga rekan setimnya maju ke dalam kotak penalti atau mengalahkan lawannya satu lawan satu sebelum membuat gerakan. Hingga saat itu, ia bahkan sering hampir diam.

Hal yang Harus Diperbaiki Ramadhan Sananta

Sananta perlu beradaptasi dengan upaya tim yang lebih besar. Dia perlu siap untuk membuka jalur umpan, harus sigap membantu pertahanan, dan mesti waspada terhadap jebatan offside.

“Jika saya harus menggambarkannya dalam tiga kata: Mematikan, sulit ditangkap, meledak,” tulis EK Scouting.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya