SOLOPOS.COM - Ini dia punggawa Persis Jr yang beberapa pemainnya direkomendasikan magang ke senior. JIBI/Solopos/Dok

Pembinaan pemain sepak bola di Kota Solo dinilai berjalan cukup baik. Salah satu buktinya adalah tampilnya Persis jr sebagai finalis Piala Suratin tingkat nasional.

Solopos.com, SOLO — Para pemain Persis Solo Junior (Jr) yang tampil gemilang di Piala Suratin 2014 bisa menjadi solusi bagi tim senior Laskar Sambernyawa dalam penyusunan skuat musim depan.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Pelatih Persis Jr., Agus Pratikno, menilai sedikitnya terdapat lima pemain didikannya yang layak berlaga di tim senior, yakni Ricky Junian, Fredyan “Ucil” Wahyu, Nico Pasura, Muhammad Edo, dan Ronaldo Dasilva. Selain itu, Gilang Cakra dan Arga Permana juga dinilai layak magang di Persis senior.

Para penggawa Laskar Sambernyawa muda itu menunjukkan performa impresif selama mengarungi Piala Suratin. Untuk kali pertamanya, mereka bahkan sukses menghadiahkan trofi runner up nasional Piala Suratin U-18.

Selain itu, trio Ricky, Ucil, dan Nico juga berhasil mengantarkan tim Jawa Tengah ke final PON Remaja I/2014. Bukan hanya itu, tiga pemain Persis Jr., Ucil, Edo, dan kiper Muhammad Ihsan dikabarkan dilirik Timnas U-19.

“Mereka sudah membuktikan penampilan gemilang, jadi saya rasa patut diberi kesempatan tampil di tim senior. Selain sebagai wujud pembinaan pemain, Persis juga diuntungkan karena tidak perlu mencari pemain dari daerah lain dalam kompetisi musim depan,” ujar Atik, sapaan Agus Pratikno, saat dijumpai Espos di Stadion Sriwedari, Solo, Selasa (23/12/2014).

Soal usia yang masih terlalu muda, Atik merasa tak akan menjadi kendala bagi anak-anak didiknya. Meski belum menginjak usia 19 tahun, Ricky Junian dkk. diyakini mampu bersaing dengan para pemain senior di skuat Laskar Sambernyawa.

“Asalkan pelatih juga bersedia memberi mereka kesempatan tampil meski hanya sesekali. Ya, sekalian untuk menambah jam terbang dan mengasah kemampuan mereka,” sambung Atik.

Setelah tampil di Piala Suratin, striker Muhammad Edo juga dikabarkan tengah dibidik klub peserta Divisi Utama asal Medan, Pro Duta FC. “Kalau sampai sekarang sih belum ada kabar lagi [dari klub yang ingin mengontrak pemain Persis Jr.]. Nah, daripada pemain lari ke daerah lain kan lebih baik dipoles di Persis Solo,” ujar Atik.

Sebelumnya, Penasehat PSSI Solo, Teddy Agoeng Soelistyo, juga menyarankan para pemain Persis Jr. mendapatkan kesempatan magang di tim senior. Namun, dia menilai anak-anak asuhan Atik itu harus menanti hingga berusia 19 tahun untuk bergabung dengan skuat Laskar Sambernyawa. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya