SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (Twitter)

Piala AFF 2016 menyajikan Indonesia vs Thailand di final.

Solopos.com, SOLO – Indonesia berhasil memetik kemenangan di leg pertama babak final Piala AFF 2016 atas Thailand. Menilik sejarah, tim yang memenangi leg pertama babak final selalu menjadi juara.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Dikutip dari Okezone, Jumat (16/12/2016), Piala AFF kali pertama menggunakan format home away di partai final pada edisi 2004. Sejak saat itu, tim yang memenangi leg pertama selalu keluar menjadi juara turnamen yang dulunya bernama Piala Tiger ini.

Indonesia sendiri harus berjumpa tim kuat Thailand di babak final Piala AFF 2016. Bermain di leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016), Indonesia menang dengan skor 2-1. Mereka pun hanya membutuhkan hasil imbang di leg kedua yang digelar di markas Thailand.

Menilik sejarah, pada 2004, Singapura menjadi kampiun setelah memenangi leg pertama. Melawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada leg pertama, Singapura menang dengan skor 3-1 atas sang tuan rumah. Kemudian di leg kedua, Singapura kembali menang dengan skor 2-1. Singapura pun juara dengan agregat 5-2.

Pada final Piala AFF 2007, Singapura kembali jadi juara. Menghadapi Thailand, mereka menjadi tuan rumah lebih dulu. Di kandang sendiri Singapura menang dengan skor 2-1. kemudian di leg kedua, Singapura ditahan imbang Thailand 1-1. Tim berjuluk The Lions itu pun menang agregat 3-2.

Pada gelaran Piala AFF 2008, giliran Vietnam yang menjadi juara. Lagi-lagi, tim pemenang leg pertama yang menjadi kampiun. Vietnam mengalahkan Thailand 2-1 di leg pertama, kemudian bermain imbang 1-1 saat menjadi tuan rumah di leg kedua. Vietnam menang dengan agregat 2-2.

Di final Piala AFF 2010, Indonesia harus berduel dengan Malaysia. Di leg pertama, Malaysia menghajar Indonesia tiga gol tanpa balas. Kemudian di leg kedua di markas sendiri, Indonesia menang 2-1. Malaysia keluar menjadi juara dengan agregat 4-2.

Dua tahun berikutnya di Piala AFF 2012, Singapura menjadi juara setelah mengalahkan Thailand. Singapura menang di leg pertama dengan skor 3-1 di markas sendiri. Kemudian saat bermain di leg kedua, Thailand menang dengan skor 1-0. Singapura unggul agregat 3-2.

Dan pada edisi sebelumnya yakni Piala AFF 2014, Thailand sukses menjadi juara juga setelah memenangi leg pertama babak final. Bertemu Malaysia, Thailand menang dengan skor 3-0 di leg pertama. Pada leg kedua, Thailand kalah dengan skor 3-2, tapi cukup membuat Thailand juara dengan agregat 5-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya