SOLOPOS.COM - Sundulan Griezmann yang membuka kemenangan Prancis. (JIBI/Reuters/Eddie Keogh Livepic)

Duel akbar antara juara piala Eropa 2016 melawan juara Copa America 2015 bakal tersaji.

Solopos.com, SOLO – Presiden Federasi Sepak Bola Benua Amerika Selatan (CONMEBOL), Alejandro Dominguez, mengungkapkan akan ada rencana terkait pertandingan yang akan mempertemukan juara Copa America 2015, Chile, melawan pemenang Piala Eropa 2016.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Copa America sendiri terselenggara dalam dua tahun terakhir. Chile menjadi kampiun di dua edisi tersebut. Namun untuk tahun ini yang bertajuk Copa America Centenario, turnamen ini hanya untuk memperingati 100 tahun terselenggaranya Copa America.

Sehingga dalam pertemuan melawan juara Piala Eropa 2016 nanti, Chile berstatus sebagai juara Copa America 2015. Piala Eropa 2016 sendiri baru memasuki babak perempatfinal. Sang pemenangan baru akan diketahui 11 Juli 2016 WIB nanti.

Delapan tim akan bersaing di turnamen akbar antarnegara di Benua Biru. Mereka adalah Polandia, Portugal, Wales, Belgia, Jerman, Italia, Prancis, dan Islandia. “Kami telah mendapat respon positif dari UEFA tentang pertandingan antara Copa America melawan Juara Euro,” kicau Dominguez di akun Twitter resminya, dilansir Soccerway, Kamis (30/6/2016).

“Kami akan mempelajari tanggal yang layak untuk menghelat pertandingan tersebut.”

Sebelumnya, pertandingan antara juara Copa America 2015 melawan juara Piala Eropa 2016 itu dikenal dengan Artemio Franchy Trophy. Rencananya untuk edisi kali ini bakal diselenggarakan pada 2018 mendatang.

Artemio Franchi Trophy sempat diselenggarakan dua kali sebelum akhirnya mandeg. Pertama pada 1985 di mana Uruguay sebagai pemenang Copa America kalah dari Prancis yang berstatus juara Euro dengan skor 2-0. Sementara pada 1993, Argentina mengalahkan Denmark lewat adu penalti.

Untuk Edisi 2018 sendiri kabarnya bakal digelar di Milan Italia. Kali inii peserta menjadi empat tim yakni juara Copa America 2015 melawan runner up Euro 2016 serta juara Euro 2016 melawan runner up Copa America 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya