SOLOPOS.COM - Mikel Arteta/detikcom

Mikel Arteta/detikcom

WIGAN—Arsenal meraih poin penuh kala berhadapan dengan tuan rumah Wigan Athletic. The Gunners menang 1-0 dan gol kemenangan mereka tercipta melalui tendangan penalti Mikel Arteta.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Pada pertandingan yang berlangsung di DW Stadium, Sabtu (22/12/2012) malam WIB, Wigan tampil sedikit lebih dominan ketimbang Arsenal di babak pertama. Mereka unggul dalam hal penguasaan bola. Kendati demikian, Arsenal lebih banyak melepaskan tembakan; 6:2.

Arsenal mendapatkan peluang pada menit kesembilan setelah umpan Mikel Arteta diterima oleh Alex Oxlade-Chamberlain. Chamberlain kemudian melepaskan tendangan, namun masih bisa dihalau. Arsenal kemudian mendapatkan sepak pojok. Tendangan penjuru itu tidak menghasilkan apa-apa bagi Arsenal.

Tak beberapa lama setelahnya, tendangan Lukas Podolski melambung. Sementara, umpan dari Kieran Gibbs diterima oleh Theo Walcott. Namun, tendangan Walcott bisa diblok.

Wigan mendapatkan peluang pada menit ke-23. Arouna Kone mendapatkan umpan dan berlari mengejar bola. Kone kemudian berhasil mengalahkan Per Mertesacker dalam adu lari dan melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Sial bagi Kone, tendangannya masih melebar.

Santi Cazorla mencoba memberikan kans untuk Arsenal pada menit ke-34. Dia memberikan bola kepada Walcott dan nama yang disebut terakhir itu melepaskan tendangan. Namun, tendangannya masih bisa diblok.

Franco Di Santo kemudian mendapatkan peluang untuk Wigan pada menit 41. Namun, tendangan penyerang asal Argentina itu sedikit di luar kotak penalti masih melambung.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-59, Arsenal akhirnya unggul.

Keunggulan itu berawal dari kerjasama antara Cazorla dan Walcott. Cazorla memberikan bola kepada Walcott yang masuk ke dalam kotak penalti dan akhirnya dilanggar oleh Jean Beausejour. Arsenal mendapatkan penalti. Arteta yang menjadi eksekutornya tak membuang percuma kesempatan itu dan sukses menceploskan bola ke dalam gawang.

Teringgal satu gol, Wigan langsung meningkatkan kecepatan. Beausejour melepaskan tendangan setelah menerima operan dari James McArthur. Namun, tendangannya masih melambung.

Sebaliknya, Arsenal kembali mendapatkan peluang di menit ke-76 lewat tendangan bebas Walcott. Tapi, tendangan gelandang internasional Inggris tersebut masih melambung.

Wigan menekan di menit-menit akhir laga. Sebuah tendangan di dalam kotak penalti Arsenal diklaim mengenai tangan Thomas Vermaelen. Namun, wasit mengatakan tidak ada pelanggaran sama sekali. Di menit-menit terakhir injury time, McArthur melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, tetapi tendangannya melebar.



Wigan akhirnya kehabisan waktu. Peluit panjang dibunyikan dan Arsenal keluar sebagai pemenang.

Kemenangan ketiga dalam tiga laga terakhir di Premier League ini membuat posisi Arsenal naik ke urutan tiga klasemen. Tim besutan Arsene Wenger ini mengoleksi 30 poin dari 18 kali berlaga. Sementara Wigan tetap berada di urutan 18 dengan koleksi nilai 15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Optimis! BI Prediksi Rupiah akan Terus Menguat hingga Akhir Tahun

Optimis! BI Prediksi Rupiah akan Terus Menguat hingga Akhir Tahun
author
Newswire , 
Rohmah Ermawati Sabtu, 4 Mei 2024 - 20:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Karyawan menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di Kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta. (Antara Foto)

Solopos.com, JAKARTA–Mata uang rupiah diyakini akan menguat ke level Rp16.000 per dolar Amerika Serikat (AS), bahkan hingga Rp15.800 di bulan depan atau mulai Juni 2024.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, Jumat (3/5/2024), mengatakan penguatan nilai tukar rupiah itu akan terus berlangsung dari sekarang sampai dengan akhir tahun.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

“Itu terpantau kalau kita lihat data-data di pasar yang non-delivery forward di luar negeri atau domestic non-delivery forward di dalam negeri dalam tempo satu bulan ke depan juga akan terus menguat mengarah ke Rp16.000,” kata dia, seperti dilansir Antara.

Perry menambahkan penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dikarenakan adanya empat faktor utama. Pertama, adanya keputusan BI menaikkan suku bunga atau BI Rate menjadi 6,25 persen. Selain itu, bank sentral juga menaikkan suku bunga deposit facility menjadi sebesar 5,5 persen dan suku bunga lending facility di level 7 persen.

Koran Solopos

Faktor kedua, penguatan rupiah didorong dari Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) yang terus mencatatkan inflow. Hal itu mencerminkan kembali bahwa investasi portofolio rupiah masih menarik bagi para investor.

“Ini daya tarik imbal hasil investasi portofolio di Indonesia kembali menarik dengan kenaikan itu kalau dibanding India, perbedaan yield lebih baik sehingga lebih attractive,” tambah Perry.

Berdasarkan data BI, SRBI hingga Mei 2024 mencatatkan inflow sebesar Rp1,58 triliun, diikuti dengan surat berharga negara (SBN) yang juga sudah mencatatkan inflow Rp3,75 triliun.

Emagazine Solopos

“Sampai dengan kemarin SRBI, tiga hari pertama pada minggu Mei ini sampai dengan kemarin SRBI inflow terus jumlahnya Rp1,58 triliun bahkan SBN yang semula outflow sudah inflow, minggu pertama Mei, tiga hari pertama ini total adalah Rp3,75 triliun,” kata Perry.

Dia menambahkan faktor ketiga, penguatan rupiah juga turut didorong oleh prospek ekonomi Indonesia yang baik serta berdaya tahan kuat, seperti pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, inflasi rendah, kredit juga terus tumbuh.

Sedangkan faktor keempat, penguatan rupiah dipacu juga oleh komitmen BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dengan terus koordinasi dengan pemerintah dan KSSK.

Interaktif Solopos

Sementara itu, Ketua KSSK Sri Mulyani Indrawati mengatakan perkembangan tekanan geopolitik turut memberikan tekanan terhadap mata uang di seluruh dunia, termasuk rupiah.

Dia menilai pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sebesar 5,02 persen masih lebih baik jika dibandingkan dengan Yen Jepang dan Won Korea.

Dalam paparannya, Menteri Keuangan RI itu mencatat indeks dolar AS memang tengah menguat tajam sejak April 2024 akibat eskalasi geopolitik. Per 16 April 2024, dolar AS mengalami apresiasi 4,86 persen dibandingkan level pada Desember 2023.



“Pada penutupan pasar tanggal 26 April, yen dari mata uang Jepang dan won mata uang ke Korea Selatan, masing-masing mengalami pelemahan yang sangat tajam mencapai 10,92 persen untuk Japanese Yen dan 6,34 persen ytd [year to date] untuk Korean Won,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers KSSK di Jakarta, Jumat.

Tak hanya yen Jepang dan won Korea, mata uang bath Thailand juga turut melemah di level 7,63 persen ytd dan rupiah yang tercatat mengalami pelemahan 5,02 persen ytd. “Rupiah juga mengalami pelemahan yaitu 5,02 persen ytd, masih relatif lebih rendah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Pemakaman Pengusaha Tembaga Boyolali Diiringi Isak Tangis Teman dan Keluarga

Pemakaman Pengusaha Tembaga Boyolali Diiringi Isak Tangis Teman dan Keluarga
author
Astrid Prihatini WD Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Suasana pemakaman Bayu Handono, pengusaha tembaga asal Dukuh Tumang Gunungsari, Desa/Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Sabtu (4/5/2024) malam. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI-Isak tangis mewarnai prosesi pemakaman pengusaha tembaga asal Boyolali, Bayu Handono, di rumah duka Dukuh Tumang Gunungsari, Desa/Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Sabtu (4/5/2024) petang.

Mobil ambulans pembawa jenazah Bayu Handono tiba di rumah duka sekitar pukul 17.33 WIB. Para pelayat kemudian bergantian menyalatkan jenazah.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Sekitar pukul 18.25 WIB, keranda jenazah Bayu diangkat dan dibawa keluar rumah. Lalu, pukul 18.35 WIB pelayat yang merupakan tetangga, teman, dan saudara melepas kepergian pria 36 tahun ke tempat peristirahatan terakhirnya di Kompleks Permakaman Kiai Ageng Rogosasi yang tepat berada di depan rumah duka.

Banyak para pelayat tidak dapat menyembunyikan air mata mereka saat pemakaman jenazah pengusaha tembaga Boyolali yang ditemukan meninggal bersimbah darah itu, bahkan salah satu anggota keluarga ada yang terduduk lemas dan menangis lalu dikuatkan.

Koran Solopos

Kepala Desa (Kades) Cepogo, Mawardi, menceritakan saat keluarga sangat terpukul saat mendengar kabar Bayu Handono meninggal dunia. Kabar diterima keluarga pada Jumat (3/5/2024) pukul 21.00 WIB lebih.

“Keluarga juga dibawa ke lokasi kejadian dan diberitahu kalau Mas Bayu sudah meninggal, seluruh keluarganya shock. Mas Bayu anak pertama dari dua bersaudara,” kata dia.

Ia menjelaskan kedua orang tuanya hidup di desa sebelah yaitu Kembangkuning. Di Tumang Gunungsari ia juga memiliki rumah sendiri dan masih ber-KTP di Desa Cepogo.

Emagazine Solopos

Kades Mawardi juga menjelaskan sehari-harinya pukul 08.00 WIB semasa hidup Bayu ke Desa Cepogo untuk mengurus pekerjaan dan bersosialisasi dengan para tetangga. Saat malam, Bayu lebih banyak beraktivitas di rumahnya  di Kebonso, Pulisen, Kecamatan/Kabupaten Boyolali.

“Dia ke sini kalau di luar siang hari pas malam Minggu seperti ini karena biasanya ada pertemuan RT dan Karang Taruna,” jelasnya.

Pada Sabtu malam ini, Bayu kembali datang ke Dukuh Tumang Gunungsari bukan untuk berkumpul Karang Taruna akan tetapi ia dimakamkan oleh kawan-kawannya.

Interaktif Solopos

Mawardi mengenal Bayu sebagai sosok yang ramah dan supel. Ia juga menjelaskan pada Rabu (1/5/2024), Bayu Handono masih bergotong royong ke tempat tetangga. Lalu, pada Kamis (2/5/2024) siang diketahui Bayu masih mengecek pekerjaan kerajinan tembaga.

“Dia juga seorang pengusaha kerajinan tembaga, dia mengecek di bengkelnya di Tumang Tegalrejo,” ujar dia ditemui di sekitar rumah duka.

Mawardi mengatakan keluarga berharap agar Bayu bisa meninggal dengan husnul khotimah dan pelaku segera ditangkap.



Sementara itu, paman korban, Marsudi, mengungkapkan ia mendampingi proses autopsi jasad Bayu Handono di RS Bhayangkara Solo. Ia menjelaskan autopsi dilaksanakan selama 2 jam dari pukul 14.30 WIB–16.30 WIB.

“Hasil autopsi menunggu, kami hanya mengantar ibu korban.” Jelas dia.

Ia mengungkapkan keluarga tidak memiliki tanda-tanda khusus sebelum Bayu Handono meninggal dunia. “Baik-baik saja, orang Mas Bayu baru saja pulang liburan dari Eropa. Pulangnya kalau enggak salah Minggu pekan kemarin. Kami dari keluarga meminta kasus ini diusut tuntas, harapannya pelaku dihukum seberat-beratnya,” harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Halalbihalal Sahid Group, Direksi Tekankan Pentingnya Silaturahmi & Kolaborasi

Halalbihalal Sahid Group, Direksi Tekankan Pentingnya Silaturahmi & Kolaborasi
author
Rohmah Ermawati Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:26 WIB
share
SOLOPOS.COM - Karyawan Kelompok Usaha Sahid Divisi Bisnis dan Pendidikan Wilayah Jawa Tengah (Jateng) & DIY, bersalaman dengan jajaran direksi dalam acara halalbihalal di Gedung Graha Sarjana Universitas Sahid & STP Sahid, Solo, Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO–Pandemi Covid-19 yang berlangsung beberapa tahun di penjuru dunia, termasuk Indonesia, telah memberikan pelajaran penting terhadap dunia usaha maupun pendidikan.

Di mana, kondisi pandemi telah mendorong masyarakat untuk belajar teknologi dan mengutamakan efektivitas. Namun kondisi tersebut bukan menjadi alasan untuk menghilangkan rasa kemanusiaan dan kebersamaan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Pesan tersebut disampaikan President Director Sahid Group, SB Wiryanti Sukamdani, dalam acara Halalbihalal Kelompok Usaha Sahid Divisi Bisnis dan Pendidikan Wilayah Jawa Tengah (Jateng) & DIY, di gedung Graha Sarjana Universitas Sahid & STP Sahid, Solo, Sabtu (4/5/2024).

Acara tersebut digelar dengan mengangkat tema Refleksi Kesucian Idul Fitri dan Semangat Kolaborasi untuk Mencapai Kesuksesan Bersama.

Koran Solopos

Saat ditemui seusai acara, Wiryanti mengatakan kolaborasi tetap menjadi sesuatu yang penting, terutama di dunia bisnis dan pendidikan di era ini.

Dia mengatakan pada masa pandemi lalu dunia pendidikan telah dibiasakan dengan pembelajaran daring, sebab siswa tidak bisa leluasa melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Dunia bisnis seperti perhotelan, lanjutnya, juga terdampak karena adanya keterbatasan aktivitas masyarakat yang menjadikan jumlah tamu hotel juga menurun.

Emagazine Solopos

“Tapi sekarang sudah kembali full team, sekolah semua juga sudah masuk. Jadi mari kita kembali lagi, bersilaturahmi, dengan semangat yang baru untuk berkolaborasi kembali,” kata dia, Sabtu.

Meski begitu, terlepas dari dampak negatif dari kemunculan pandemi Covid-19, ada hikmah yang bisa diambil. Di mana dengan adanya pandemi tersebut masyarakat diajarkan untuk lebih efisien.

“Di dunia pendidikan misalnya, yang bisa dirasakan, bahwa teknologi benar-benar mengajarkan kita bahwa hampir semua bisa dilakukan secara online. Wawancara, pencarian data, semua bisa dilakukan online. Jadi, teknologi mengajarkan kita untuk lebih efisien,” lanjut dia.

Interaktif Solopos

Namun begitu, pesatnya perkembangan teknologi saat ini mestinya tidak menghilangkan rasa kebersamaan.

“Hal yang tidak bisa kita hilangkan adalah humanity. Silaturahmi, kolaborasi semacam ini tidak bisa dihilangkan. Maka penting menurut saya adanya pelajaran budi pekerti, pramuka, dan sebagainya,” lanjut dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Bisnis dan Pendidikan Sahid Group wilayah Jateng & DIY, Sunardi, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara yang digelar Sahid Group di hari tersebut.



Sebelumnya, dilaksanakan haul K.H. R. Sahid Djogosentono, yang merupakan leluhur pendiri Sahid Group, Sukamdani Sahid Gitosardjono (Alm). “Haul tadi sudah dilaksanakan di Jetis, Sukoharjo,” kata dia dalam sambutannya.

Halalbihalal juga dihadiri Vice President Director, Exacty B. Sryantoro; Nugroho Sukamdani; dan Sri Bimastuti Handayani Sukamdani serta seluruh karyawan baik dari divisi bisnis dan pendidikan wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Tausiah disampaikan oleh Ustaz Muhammad Hatta Syamsudin, dilanjutkan bersalam-salaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories