SOLOPOS.COM - Pendukung Timnas basket Latvia bersorak ketika menyaksikan tim kesayangan mereka melawan Prancis pada penyisihan Grup H FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/8/2023). Latvia berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 88-86. (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA – Warga negara dan pendukung timnas basket Latvia yang jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mendukung negaranya memborong merchandise atau produk promosi resmi Piala Dunia FIBA 2023 yang dijajakan di area Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Para pendukung Latvia tersebut memborong kaus negara beremblem bendera Latvia hingga terjual habis. Penjualan meningkat pesat karena Latvia berpeluang menuju ke babak kedua kualifikasi setelah menang tipis 88-86 atas Prancis, Minggu (27/8/2023).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Berdasarkan data dari Panitia Pelaksana Lokal Piala Dunia FIBA 2023, per hari ini penjualan kaus negara Latvia secara daring di hoops.indonesia hampir terjual habis. Bahkan stok di merchandise shop dan dua fan shop yang berada di Indonesia Arena pun ludes.

“Untuk penjualan di hoops.indonesia tinggal tersisa dua kaus negara Latvia dengan ukuran XXL saja. Sementara untuk penjualan langsung di fan shop dan merchandise shop resmi di Indonesia Arena sudah terjual habis dari 500 buah stok yang ada,” kata Project Manager Merchandise FIBA World Cup 2023 William Loek di Indonesia Arena GBK Jakarta.

Pada Selasa malam ini, Latvia dan Kanada melakoni duel penentu juara Grup H pada pukul 20.30 WIB, dan dipastikan para pendukung Latvia baik dari penggemar basket Indonesia maupun penggemarnya yang datang langsung dari Latvia kembali akan memadati Indonesia Arena.

Laga ini bukan hanya memperebutkan posisi utama klasemen grup yang, tetapi juga memperbesar peluang menuju babak perempat final.

“Kebanyakan yang membeli pendukung Latvia dari luar. Tapi, banyak juga lokal yang juga mendukung Latvia ikut beli. Kenapa kaus lebih laku, mungkin di luar Indonesia Arena panas. Jadi mereka kebanyakan beli untuk baju ganti jika berkeringat,” tambah William.

Hadirnya pendukung Latvia yang hampir selalu memenuhi setengah kapasitas stadion Indonesia Arena ini mencengangkan semua pihak.

Para pemain dan tim pelatih bahkan menilai hal ini luar biasa, mereka tidak menyangka bahwa para pendukungnya akan terbang dari Latvia untuk memberikan dukungan langsung kepada mereka di Jakarta hingga akhir babak kualifikasi pada 3 September mendatang.

“Pendukung kami luar biasa. Jumlahnya mungkin sekitar 2.500-an yang datang ke sini, tapi riuhnya seperti 5.000-an. Mereka mendorong kami di lapangan. Mereka menakjubkan,” ungkap Arturs Visockis-Rubenis, Asisten Pelatih Latvia.

Untuk penjualan tiket untuk pertandingan hari ini, di gim kedua antara Kanada versus Latvia hingga pukul 10.22 WIB tercatat 10.284 tiket terjual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya