SOLOPOS.COM - Logo Liga Indonesia Baru

Solopos.com, SOLOPT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan akan menerapkan penggunaan teknologi video assistant referee (VAR) pada Liga 1 musim 2023/2024 mendatang. Teknologi itu akan digunakan mulai putaran kedua awal 2024.

Ini menjadi kabar menggembirakan untuk sepak bola Indonesia. Sebagai langkah konkret, PT LIB sebagai operator liga membentuk departemen VAR. Mereka mulai bekerja dalam langkah awal proses implementasi penerapan VAR sesuai panduan dari FIFA.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Persib Bandung sebagai salah satu kontestan Liga 1 mendukung dan menyambut baik rencana LIB menerapkan VAR. Ini adalah terobosan yang patut diapresiasi guna membuat kualitas liga semakin baik.

“Suatu terobosan baru di mana memang liga di dunia juga menggunakan VAR. Persib dan mayoritas peserta Liga 1 juga mendukung adanya VAR. Karena, pasti secara keputusan dari wasit lebih akurat dengan adanya VAR,” kata Direktur Persib Teddy Tjahjono, dikutip dari laman resmi LIB, ligaindonesiabaru.com, Kamis (25/5/2023).

Persib berharap adanya teknologi VAR bisa meminimalisisasi keputusan kurang tepat dari wasit. Saat pertandingan bisa berlangsung fair, otomatis kualitas liga juga akan meningkat.

“Mudah-mudahan adanya VAR, kesalahan yang pernah terjadi di Liga 1 mudah-mudahan lebih bisa diminimalkan. Sehingga, pertandingan sepak bola lebih fair dari sisi pengambilan keputusan,” lanjut Teddy.

Untuk mendukung implementasi VAR di setiap stadion, LIB meminta klub mempersiapkan beberapa hal, seperti:
-Menaikkan kekuatan pencahayaan stadion menjadi minimal 1200 lux.
-Secara progresif, mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED.
-Menggunakan LED board dalam implemetasi komersial di perimeter stadion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya