SOLOPOS.COM - Pelatih utama FC Barcelona Luis Enrique dalam sebuah konferensi pers. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Barcelona tengah mencari pengganti Luis Enrique.

Solopos.com, BARCELONA — Teka-teki pengganti Luis Enrique untuk menukangi Barcelona musim depan perlahan mulai terkuak. Direktur Olahraga Barcelona, Robert Fernandez,  mengindikasikan suksesor Enrique adalah pelatih yang pernah menjadi pemain di klub Catalan itu.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Jika hal ini terealisasi, nama kandidat kuat seperti Jorge Sampaoli (Sevilla), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur) hingga Arsene Wenger (Arsenal) dipastikan tersingkir dari bursa pelatih baru tim. Ketiga pelatih diketahui tidak pernah membela Barca saat masih aktif sebagai pemain.

Karier Sampaoli lebih banyak berada di Amerika Selatan sebelum menangani Sevilla. Sedangkan Pochettino justru membela rival sekota Barca, Espanyol, saat masih bermain di lapangan hijau.

Sinyal Fernandez justru memberikan angin segar bagi kandidat lain seperti Ronald Koeman (Everton) dan Ernesto Valverde (Athletic Bilbao). Kedua pelatih pernah menjadi bagian tim Barca saat memenangi Copa del Rey musim 1989/1990.

Belakangan mantan Pelatih Paris Saint Germain (PSG), Laurent Blanc, ikut muncul menjadi alternatif pengganti Enrique. Blanc juga pernah membela klub Spanyol itu musim 1995/1996 di bawah asuhan Johan Cruyff.

Sebenarnya masih ada satu lagi mantan pemain Barca yang menjadi kandidat kuat yakni Eusebio Sacristan. Namun dia belum lama menyatakan komitmennya bersama Real Sociedad, tim yang ditanganinya saat ini.

“Akan sangat bagus jika pelatih masa depan Barca sudah pernah bersama klub sebelumnya. Mereka sudah tahu Barcelona dan itu menjadi hal positif,” ucap Fernandez seperti dilansir Marca, Sabtu (4/3/2017).

Meski demikian Fernandez enggan berbicara lebih mengenai suksesor Enrique. Sementara itu, Sampaoli agaknya kian jauh dari rumor melatih Barca musim depan. Sampaoli mengaku sudah mulai mendiskusikan perpanjangan kontraknya bersama Sevilla. “Kami memiliki kontrak dan harus bisa mengontrol apa yang sudah ada,” ujarnya.

Di sisi lain, Tutto Mercato justru memanaskan nama Pochettino sebagai yang terdepan melatih Lionel Messi dkk. Media Italia itu menyebutkan Pochettino dan manajemen Barca akan bertemu dan membuat keputusan dalam durasi 48 jam mendatang. Dalam beberapa kesempatan, Pochettino memilih mengelak saat ditanya rumor melatih Barca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya