SOLOPOS.COM - Para penonton gelaran MotoGP di Mandalika berdatangan ke Bandara Internasional Lombok untuk kembali ke daerah masing-masing, Senin (21/3/2022). (Antara/Akhyar)

Solopos.com, LOMBOK – Ribuan penonton ajang GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai pulang kampung setelah mereka selesai menonton balap motor kelas dunia tersebut.

Dikutip dari Antara, Senin (21/3/2022), sejumlah penonton ajang MotoGP Mandalika mulai berdatangan di area terminal keberangkatan. Setelah itu mereka masuk untuk melakukan boarding pass dan langsung naik menuju ruang tunggu bandara. Beberapa penonton MotoGP terpaksa harus tidur di area bandara.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Baca juga: Tidak Ada Bus, Penonton MotoGP Mandalika Telantar Sampai Tengah Malam

“Saya tidur di bandara dari tadi malam [kemarin], tidak ada penginapan yang kosong,” kata Ali warga asal Makassar.

Ia dan dua temannya datang ke Lombok sengaja untuk menonton ajang MotoGP pada Minggu (20/3/2022) pagi. Selanjutnya tiket penerbangan yang ia dapatkan adalah Selasa (22/3/2022).

“Nginap di bandara lagi mas, biar aman,” katanya.

Baca juga: Ini Risman, Staf Hotel yang Dipuji Juara MotoGP Miguel Oliveira

Sementara itu, Budikarya penonton asal Surabaya mengatakan dirinya dan keluarganya datang ke Lombok juga untuk menonton MotoGP, sehingga pada hari ini kembali ke kampung halamannya. Selama ajang MotoGP dirinya menginap di homestay dengan harga sewa Rp500.000 satu malam.

Di sisi lain, pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto, mengatakan hari ini merupakan arus puncak kepulangan para penonton MotoGP Mandalika dan diperkirakan pergerakan penumpang bisa mencapai 11.000 per hari.

“Pada saat ajang MotoGP pergerakan penumpang yang datang maupun berangkat mencapai 14.000 dengan jumlah penerbangan mencapai 136 penerbangan perhari,” kata Arif di Praya, Senin.

Baca juga: Momen Pembalap Miguel Oliveira Juara MotoGP di Sirkuit Mandalika

Ia mengatakan, meski terjadi peningkatan penggerak penumpang, fasilitas dan ruang tunggu yang telah disiapkan telah memadai atau bisa menampung penumpang hingga 20.000 perhari. Selain itu, jadwal penerbangan telah dipersiapkan dengan baik, sehingga kondisi penumpang di ruang tunggu mengalir lancar ketika mereka mau pulang setelah menyaksikan MotoGP Mandalika.

“Tidak ada penumpang telantar, karena ruang tunggu yang disiapkan telah memadai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya