SOLOPOS.COM - DUEL -- Pemain Arab Saudi, Yasser Al Qahtani (kanan), berebut bola dengan pemain Thailand, Chonlatit Jantakam, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Stadion Rajamangala, Bangkok, Selasa (11/10/2011) malam. Pertandingan berakhir seri 0-0. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Singapura (Solopos.com) – Jepang menghancurkan harapan Tajikistan setelah mencetak angka kemenangan 8-0 pada babak penyisihan Piala Dunia zona Asia, Selasa (11/10/2011). Australia juga tampil mantap setelah menang 3-0 atas Oman sehingga mereka mendapat poin maksimal di Grup D sedangkan Korea Selatan maju ke babak berikutnya setelah menang 2-1 atas Uni Emirat Arab (UEA).

DUEL -- Pemain Arab Saudi, Yasser Al Qahtani (kanan), berebut bola dengan pemain Thailand, Chonlatit Jantakam, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Stadion Rajamangala, Bangkok, Selasa (11/10/2011) malam. Pertandingan berakhir seri 0-0. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Thailand menahan tim asuhan Frank Rijkaard, Arab Saudi 0-0, tetapi harapan Korea Utara untuk melaju ke putaran kedua penyisihan Piala Dunia kandas setelah di kandang sendiri kalah 0-1 atas Uzbekistan. Irak melakoni laga menegangkan lawan China dan menang 1-0 dan tim, Jordan dan Qatar, juga menang dalam 10 pertandingan yang berlangsung di kawasan ini.

Jepang menang besar setelah mencetak masing-masing empat angka pada kedua babak saat melawan Tajikistan di Osaka, dipimpin Mike Havenaar dan Shinji Okazaki yang amat berperan dalam pertandingan itu. “Kemenangan ini membuat perasaan kami amat tenang. Saya tahu penonton memiliki pengharapan amat tinggi dan pemain menjawabnya dengan penampilan bagus mereka malam ini,” kata pelatih Alberto Zaccheroni.

Korea Selatan membuat gol bunuh diri pada babak kedua dan pemain bertahan UEA Ismail Hamdan menggebrak sehingga mereka menang 2-1 di Suwon. Pemain Arsenal Park Chu-Young membuka gol awal dan UEA mempertipis kekalahan mereka pada injury time babak kedua. Gol bunuh diri juga terjadi pada pertandingan lain, ketika Lebanon berhadapan dengan Kuwait sehingga mencatat hasil imbang 2-2.

Di Sydney, Brett Holman, Josh Kennedy dan Mile Jedinak jadi pahlawan timnya ketika tim negara itu mencetak kemenangan ketiga dari tiga laga dan sudah hampir pasti lolos ke putaran selanjutnya. “Target adalah memang dan menang lagi,” kata kapten Lucas Neill, “Kini satu kami sudah berada di babak selanjutnya, tapi masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan,” tegasnya.

Di Pyongyang, gebrakan babak pertama Alexander Geynrikh sudah cukup untuk memenangkan Uzbekistan 1-0, yang kini selevel tujuh poin dengan Jepang di puncak Grup C. Korea Utara, yang kandas atas tim peringkat di bawah mereka setelah sebelumnya seri pada laga keras putaran ketiga, menargetkan pertandingan yang harus dimenangi di Pyongyang, untuk dapat maju ke putaran kedua. Korea Utara memainkan laga Piala Dunia kedua mereka setelah 1966 tapi mereka kecewa pada Piala Asia Januari lalu setelah dikalahkan penyandang gelar Irak dan tim tiga kali juara Iran.

Jordania melakukan langkah besar ketika mengalahkan Singapura 3-0 sedangkan Qatar berada di puncak klasemen setelah mengalahkan Indonesia 3-2 di Jakarta. Juara dan runner-up dari lima grup akan dibagi dalam dua pool untuk melakoni putaran setengah kompetisi dan dua tim teratas tiap pool mendapat tiket ke Piala Dunia Brazil 2014. Dua tim urutan ketiga akan saling berhadapan untuk memastikan tim yang berhak maju ke babak play-off antarbenua.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya