SOLOPOS.COM - Bintang senior Francesco Totti ingin mengikuti jejak rekan-rekannya menjadi pelatih seusai gantung sepatu. Ist/Dok

Solopos.com, ROMA— Seiring bertambahnya usia, para bintang sepakbola tak akan mungkin selamanya berada di level atas. Bintang AS Roma, Francesco Totti, menyadari usianya tidak muda lagi. Pria berusia 38 tahun tersebut pun mempertimbangkan untuk mengikuti jejak dua mantan rekannya di Timnas Italia, Filippo Inzaghi dan Vicenzo Montella, yang menjadi pelatih selepas gantung sepatu.

Totti memasuki masa-masa menuju pensiun. Ia telah melewati perjalanan panjang dalam kariernya dengan tampil 568 laga dan mengoleksi 237 gol sejak melakoni debut pada 1993. Totti berhasil mempersembahkan satu Scudetto dan dua titel Coppa Italia bagi Il Lupi, julukan Roma.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Kini, Totti pun mulai menata masa depan apabila nantinya ia pensiun. Il Capitano, julukan Totti, mulai memikirkan rencana memasuki bidang manajerial, meski hingga kini dirinya masih berstatus sebagai pemain yang dibutuhkan timnya di lapangan.

“Saya akan bermain untuk tiga tahun lebih dan kemudian melatih, mungkin dengan Roma. Mungkin saya akan mulainya dengan melatih anak-anak, meski mungkin itu tidak diperlukan. Setelah semua yang dilalui, orang-orang yang bermain pada level seperti saya tidak perlu belajar lama,” jelas Totti kepada Gazzetta dello Sport, seperti dilansir Soccerway, Senin (18/11).

Rekan-rekan seangkatan Totti di Timnas Italia sebagian telah memantapkan karier sebagai pelatih. Inzaghi menakhodai AC Milan pada awal musim ini, setelah sekitar dua musim sebelumnya mengarsiteki tim junior klub berjuluk Rossoneri itu. Adapun Montella memulai karier sebagai karteker pelatih Roma pada 2011, menangani Catania pada 2011-2012, dan menjadi nakhoda Fiorentina sejak 2012 hingga sekarang.

Mantan bintang Seri-A, Hernan Crespo, juga mengungkapkan hasratnya sebagai pelatih, yakni dengan membesut mantan klubnya, Parma. Pelatih Parma saat ini, Roberto Donadoni, menjadi subyek spekulasi pemecatan setelah timnya dipermalukan Juventus 0-7 pada Seri-A, pekan lalu. Meski demikian, Crespo tetap menghormati jabatan Donadoni saat ini.

“Saya harap Roberto menjaga Parma sampai akhir musim. Kemudian saya yakin saya akan berada di posisi terdepan untuk mengambil alih jabatan itu pada Juni mendatang,” jelas Crespo, seperti dilansir Football Italia. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya