SOLOPOS.COM - Pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp berbincang akrab dengan Hummels. ist/bundesliga.com

Performa tim Jerman Borussia Dortmund yang terus menurun akan ditinggalkan Klopp Pergi. Akankah Hummels dkk. Ikut Pergi?

Solopos.com, DORTMUND — Hengkangnya Juergen Klopp membuat Borussia Dortmund juga terancam bakal kehilangan para pemain andalan. Pelatih berusia 47 tahun mengumumkan rencananya meninggalkan Dortmund pada akhir musim nanti dalam konferensi pers, Rabu (15/4/2015).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selama ini, Klopp menjadi sosok penting dalam perekrutan pemain untuk membawa kesuksesan Dortmund selama beberapa tahun terakhir.
Oleh sebab itu, keputusan Klopp meninggalkan Signal Iduna Park, Dortmund, melahirkan spekulasi soal masa depan para pemain andalannya.

Gelandang Ilkay Guendogan, kapten Mats Hummels, serta beberapa pemain lain dirumorkan bakal menyertai eksodus pelatih incaran Manchester City dan Arsenal itu.

Saat menyatakan keputusannya meninggalkan Dortmund, Klopp mengatakan klub berjuluk Die Borussen itu membutuhkan perubahan. Eksodus Klopp beserta para pemain andalannya bisa jadi merupakan salah satu langkah perubahan besar-besaran bagi runner up Bundesliga musim lalu itu.

Guendogan belum menandatangani perpanjangan kontrak yang berlaku hingga 2016 nanti. Mundurnya Klopp dari posisi pelatih tentu tidak akan memperbesar peluang bagi pemain asal Jerman itu untuk menandatangani perpanjangan kontrak.

Sementara itu, Hummels yang telah lama menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa juga mengonfirmasi keinginan bermain di luar negeri untuk mengembangkan kariernya. Barcelona dan Manchester United adalah dua klub yang dikabarkan sedang serius membidik pemain berusia 26 tahun itu.

United bahkan dirumorkan telah menyiapkan bayaran 25 juta poundsterling atau setara Rp479,2 miliar untuk memboyong Hummels.

Hummels mengaku sedang berdiskusi dengan bos Dortmund tentang tawaran transfer yang disodorkan kepadanya. “Tapi saya belum mengambil keputusan soal masa depan saya. Saya bukan orang yang suka membicarakan niat untuk bertahan tapi kemudian diam-diam telah pindah,” ujar Hummels, seperti dilansir Reuters, Kamis (16/4/2015).

Kepergian Klopp tidak diragukan lagi bakal memperkuat posisi Hummels di Dortmund. Dia akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk menunjukkan kepemimpinan, khususnya setelah Sebastian Kehl pensiun pada akhir musim ini. Akan tetapi, bukan tidak mungkin juga Hummels akan mengikuti jejak Klopp hijrah ke klub besar lain di Eropa.

Sebelumnya, Dortmund telah gagal mempertahankan beberapa pemain pilar, seperti Mario Goetze dan Robert Lewandowski yang dibajak Bayern Munich. Oleh sebab itu, tidak mengejutkan jika sejumlah pemain andalan akan menyusul meninggalkan Signal Iduna Park menyusul hengkangnya Klopp. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya