SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Persiapan Muscab PSSI Solo terus dilakukan. Salah satunya dengan meverifikasi klub-klub internal.

Solopos.com, SOLO — Panitia pelaksanaan Muscab PSSI Kota Solo akan melakukan verifikasi kepada 26 klub internal Persis Solo. Verifikasi akan dilakukan paling lambat lima-enam hari sebelum muscab digelar pada 11 Januari nanti.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Ketua Steering Committee (SC) PSSI Kota Solo, Danang Prabowo, mengatakan verifikasi ini dilakukan untuk mendata klub-klub mana saja yang nantinya memiliki hak suara dalam muscab nanti.

“Sebelum muscab, kami akan melakukan verifikasi lebih dulu kepada 26 klub internal sebagai anggota PSSI Kota Solo dan pemilik suara yang sah. Ini kami lakukan untuk menghindari permasalahan yang berpotensi timbul saat pelaksanaan muscab. Kami khawatirkan saat pelaksanaan muscab nanti ada beberapa klub yang saling tuding kepengurusannya tidak sah dan saling klaim paling berhak memiliki hak suara,” ujar Danang saat dihubungi Espos, Kamis (1/1/2015).

Danang mengaku saat ini kepemilikan suara dalam Muscab PSSI Kota Solo memang menjadi hak 26 klub internal. Meski demikian, jumlah ini bisa berpotensi menyusut, menyusul ada beberapa klub yang sudah tidak aktif dalam pembinaan sepak bola di Kota Bengawan dan masih bermasalah dalam kepengurusan internalnya.

“Saya enggak mau menyebutkan nama klubnya. Namun ada sekitar dua klub yang tercatat sudah tidak aktif dan kepengurusannya bermasalah. Karena itu kami akan lakukan verifikasi lebih dulu. Kalau mereka masih bermasalah mungkin akan kehilangan hak suara,” imbuh pria yang juga menjadi Sekretaris PSSI Kota Solo itu.

Bursa ketum
Sementara itu, disinggung tentang bursa pemilihan ketua umum (ketum) dalam muscab nanti, Danang mengaku hingga saat ini belum ada calon yang masuk dalam daftarnya. Meski demikian, Danang menilai nama-nama calon ketum akan mengerucut saat-saat terakhir jelang muscab berlangsung.

“Memang saat ini belum ada nama-nama calon yang akan mengisi posisi ketum. Mungkin nanti saat-saat terakhir, jelang muscab, dari para pemilik suara akan mengumumkan kandidat-kandidat yang mereka usung untuk mengisi posisi ketua. Bisa ketua sebelumnya atau nama baru. Semua kami serahkan ke klub-klub pemilik suara,” imbuh Danang.

Hingga saat ini bursa pemilihan ketum PSSI memang belum memunculkan nama baru. Ketum PSSI Kota Solo saaat ini, F.X. Hadi Rudyatmo, masih menjadi sosok yang paling diunggulkan dan akan kembali diusung oleh klub-klub pemilik suara.

Selain Rudy, Manajer klub internal Unsa ASMI, Rio Arya Surendra dan penasehat Pasoepati, Langgeng Jatmiko, juga siap mencalonkan diri. Meski demikian, keinginan Langgeng dipastikan bakal bertepuk sebelah tangan karena AD/ART PSSI Kota Solo yang tidak mengizinkan calon ketum diisi oleh wakil dari non anggota PSSI Kota Solo. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos)

Muscab PSSI Solo

Muscab PSSI Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya