SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertandingan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta.

Solopos.com, SOLO–Persija Jakarta akan kehilangan empat pemain saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya pada pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Rabu (5/4/2023) malam ini pukul 20.30 WIB.

Namun, Macan Kemayoran, julukan skuad Persija, bertekad memenangi duel untuk mematahkan rekor belum pernah menang melawan Tim Bajul Ijo sejak musim 2018.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Persija juga memiliki motivasi tinggi mengganggu Persib Bandung agar dapat menduduki peringkat  dua klasemen di akhir musim lantaran ingin bermain di level Asia.

Oleh karena itu, Persija menganggap kemenangan atas Persebaya tetap penting meski sudah dipastikan tak akan bisa menjuarai Liga 1 musim ini.

PSM Makassar sudah ditahbiskan menjadi juara Liga 1 musim 2022/2023 berkat selisih poin yang unggul jauh di atas dua pesaing terdekatnya, yakni Persib Bandung dan Persija.

Dikutip dari Antara, Rabu, pelatih Persija Jakarta Thomas Doll tak mempermasalahkan empat pemain utamanya bakal absen karena akumulasi kartu kuning pada laga penting melawan Persebaya.

Pemain yang akan absen meliputi Riko Simanjuntak, Michael Krmencik, Muhammad Ferrari, dan Alfriyanto Nico.

Meski demikian pelatih asal Jerman itu optimistis para pemain pelapis akan mampu menambal lubang yang ditinggalkan keempat pemain tersebut.

“Ya kami juga memiliki pemain yang bagus di tim, mereka besok akan masuk [dimainkan]. Maka bagi saya, tidak terlalu penting saat Anda tidak bisa mengubah situasi karena realitanya saya tidak harus melakukan banyak perubahan. Karena hal itu sudah berlalu dan besok kami akan memainkan pertandingan penting di sini,” ucap mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Doll juga mengingatkan bahwa ini bukan pertama kali Persija tidak memainkan skuad terbaiknya, karena pada beberapa pertandingan sebelumnya, sejumlah pemain Persija dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia.

“Pada bulan lalu, kami tidak pernah memainkan dua pertandingan berturut-turut dengan tim yang sama karena kami telah kehilangan satu, dua, tiga pemain. Dan itu sebabnya para pemain sampai sekarang tampil baik dan kami memiliki target besar ke depannya,” tambahnya.

Persija tercatat tidak pernah menang melawan Persebaya sejak 2018. Menanggapi hal itu, Doll tidak mau menjadikan catatan tersebut sebagai beban tetapi menjadikan catatan buruk itu menjadi motivasi tersendiri bagi para pemain asuhannya.

“Biasanya saya bukan seseorang yang menggemari statistik karena para pemain berganti, para pelatih berganti. Tapi ya itu merupakan motivasi bagus bagi para pemain saya. Karena kami memiliki statistik bagus pada musim ini, saya ingat saat kami bermain di Malang, akhirnya meraih kemenangan setelah sekian lama, memenangi derby, statistik yang bagus,” tutur pelatih 56 tahun itu.

Terpisah, juru taktik Persebaya, Aji Santoso, meminta anak asuhnya fokus pada pertandingan dan tak memikirkan isu terkait masa depan pemain yang berkembang saat ini.

Pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut juga sudah mendapat kabar ada pemainnya yang dipanggil mengikuti training center (TC) tim nasional (timnas) Indonesia U-22.

Namun, Aji memastikan pemainnya akan bisa membela Persebaya jika ke depan dibutuhkan.

“Yang dipanggil si Salman sama si Ernando namun keduanya akan tetap berada di klub juga,” katanya.

Keduanya segera berangkat setelah menjalani pertandingan melawan Persija, tetapi jika Persebaya membutuhkan mereka harus segera kembali, karena hanya menyisakan beberapa pertandingan.

“Setelah Persija mereka berangkat, dan jika Persebaya menjalani pertandingan, mereka akan kembali lagi di sini,” katanya.

Catatan pertandingan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), Persebaya dijadwalkan masih akan menjalani tiga laga susai Persija. Agenda selanjutnya melawat ke kandang Persis Solo pada Sabtu (8/4/2023) di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta.

Kemudian akan menjalani laga tandang melawan Arema FC yang rencananya digelar pada Selasa (11/4/2023) di Stadion PTIK Jakarta.

Terakhir, Persebaya akan menjamu Dewa United pada Sabtu (15/4/2023) di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya