SOLOPOS.COM - Striker Persipa Pati, Tri Handoko (kiri) selebrasi seusai mencetak gol. (Istimewa/Dok Persipa)

Solopos.com, PATI — Duel tim sekota atau derbi Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), berpotensi tersaji di kompetisi Liga 2 musim depan. Hal ini menyusul dipastikannya Persipa Pati promosi ke kancah Liga 2 musim depan.

Saat ini, di Pati sudah ada satu tim yang tampil di kancah Liga 2, yakni PSG Pati atau AHHA PS Pati FC. Klub milik youtuber, Atta Halilintar, Putera Siregar, dan Saiful Arifin itu musim lalu itu nyaris terdegradasi dari Liga 2.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Meski demikian, klub berjuluk Kuda Hitam Saridin itu mampu bertahan di Liga 2 setelah menempati urutan kelima dalam daftar klasemen Grup C pada babak penyisihan grup.

Baca juga: Selamat! Persipa Pati Promosi ke Liga 2

Dengan bertahan di kancah Liga 1, PSG Pati pun berpotensi bertemu dengan rival sekotanya, Persipa Pati, yang baru saja dinyatakan lolos atau promosi ke Liga 2 musim 2022.

Persipa Pati dipastikan naik kasta ke Liga 2 setelah menempati urutan kedua dalam daftar klasemen Grup CC pada babak 16 besar Liga 3 Nasional. Jawara Liga 3 Jateng itu mengemas nilai 4, hasil dari sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah.

Dengan hadirnya dua tim dari satu kabupaten, Pati, ini pun akan membuat rivalitas yang tersaji di kancah Liga 2 musim depan akan semakin sengit. Meskipun kedua tim belum tentu bisa saling bersua di Liga 2 menyusul regulasi yang dikeluarkan operator kompetisi.

Namun, hadirnya dua tim yang berasal dari satu kabupaten di Jateng di kancah Liga 1 ini baru kali ini terjadi. Sebelumnya, belum ada satu kabupaten atau kota di Jateng yang berhasil mengirimkan dua wakil ke kancah profesional sekelas Liga 2 maupun Liga 1.

Baca juga: HWFC Protes ke PSSI, PSG Pati Terancam Degradasi

Kondisi ini juga akan membuat dukungan suporter sepak bola di Pati bakal terpecah. Meskipun secara historis, dukungan terhadap Persipa Pati kemungkinan lebih besar dibanding PSG.

Hal tersebut dikarenakan Persipa Pati dianggap sebagai klub sepak bola asli dari Pati yang telah berdiri sejak 19 April 1951. Sementara PSG Pati merupakan klub yang baru dibentuk pada 2020 lalu, yang sebelumnya merupakan embrio dari PSG Gresik dan Putra Ijen FC Jember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya