SOLOPOS.COM - Sejumlah pemain Persis Solo sedang berlatih di Stadion Sriwedari beberapa waktu lalu. JIBI/Solopos/dok

Persis Solo ditinggal kiper andalannya, Agung Prasetyo, yang bergabung dengan PSS Sleman.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo harus rela kehilangan kiper utama, Agung Prasetyo, yang pindah ke PSS Sleman. Padahal selama ini Agung lah yang jadi tumpuan utama Persis di bawah mistar gawang.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Agung termasuk menjadi andalan saat melakoni berbagai uji coba di musim ini. Hanya, di laga terakhir kontra Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (6/3), penjaga gawang asal Kalasan, Sleman, ini tak berangkat.

Praktis, Laskar Sambernyawa kini hanya mengandalkan kiper lokal, yakni Afif Bayu. Ia juga yang berjaga saat Persis ditaklukkan dengan skor, 0-5, di markas Macan Putih, julukan Persik. Meskipun demikian, tim pelatih tak khawatir lantaran diperkuat produk lokal.

“Afif itu sudah bagus tinggal dimatangkan saja penampilannya. Ia mahir mengatasi bola-bola atas. Tinggal menambah jam terbang sudah cukup,” papar pelatih kiper Persis, I Komang Putra, kepada wartawan, di Stadion Sriwedari, Kamis (17/3/2016).

Afif Bayu tak sendiri. Sambernyawa mendapatkan amunisi tambahan dengan masuknya kiper muda jebolan Persis Junior, M Ihsan Ramadani. Ihsan berjasa mengantar Persis Junior juara Piala Soeratin 2014 Zona Jawa Tengah. Kini ia jadi penjaga gawang Persis Muda yang bakal turun di kompetisi Liga Nusantara (Linus) musim ini.

“Ihsan juga bagus. Sebagai kiper muda ia punya ketenangan saat bermain. Ini menguntungkan tim karena tahu kapan bertindak dengan tepat serta berjaga penuh di depan gawang,” imbuhnya.

Dalam latihan rutin Kamis pagi, diikuti sebanyak 15 pemain termasuk dua kiper. Mereka adalah pemain lokal Soloraya yang kerap berlatih di bawah bimbingan Agung Setyobudi. Hanya, beberapa pemain absen, antara lain Roby Fajar dan Agung Budi “Wowot”.

Sebenarnya, tim pelatih juga tak khawatir akan kehilangan para penggawa Sambernyawa yang memilih hengkang demi mendapatkan masa depan yang lebih baik. Persis bisa memanfaatkan para pemain muda yang kini masih membela Persis Muda atau pun tim Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Tengah.

Menurut Agung, di tim PPLP Jateng misalnya terdapat tiga pemain jebolan Persis Junior, yakni Fredyan Wahyu (bek), Roni Sugeng (gelandang), dan Arga Permana (striker). Sedangkan sebanyak tiga pemain Persis Muda juga dianggap layak magang di skuat senior, yakni kiper Ihsan Ramadani, bek Fajar Setyoko, dan gelandang Zakariyya.

“Yang terpenting adalah berlatih rutin terlepas dari akan ikut turnamen apa. Agenda terdekat mungkin Indonesia Soccer Competitions (ISC) yang kemungkinan bergulir April mendatang. Soal itu kami tunggu manajemen,” jelas mantan Kapten Timnas Indonesia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya