SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Persis Solo akan menjalani uji coba melawan Persik Kediri.

Solopos.com, SOLO – Persis Solo memantangkan persiapan untuk berlaga di Indonesia Super Competition (ISC) Seri B yang mulai digulirkan 23 April 2016 nanti dengan menggelar dua kali uji coba melawan Persik Kediri.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Persis akan lebih dulu menyambangi markas Persik di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (6/3/2016), sebelum menjamu tim berjuluk Macan Putih itu di Stadion Manahan, Solo, pada medio Maret 2016 nanti. Dua kali uji coba itu akan sangat berarti bagi Persis dan Persik yang sama-sama akan berpartisipasi di ISC Seri B.

“Uji coba melawan Persik akan kami gunakan untuk mematangkan persiapan menghadapi ISC yang sudah pasti dimulai 23 April 2016 nanti, kalau turnamen lain [Piala Wali Kota Padang] kan belum jelas jadwalnya,” ujar Direktur Olahraga dan Teknik PT Persis Solo Saestu (PSS), Totok Supriyanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (29/2/2016).

Seperti diketahui, PT Liga Indonesia (LI) bertransformasi menjadi PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dan mengagendakan kompetisi untuk tim-tim Indonesia Super League (ISL) serta Divisi Utama (DU) musim ini. Kompetisi ISL diubah menjadi ISC Seri A, sedangkan DU diganti ISC Seri B.

Kompetisi Seri B diikuti 59 tim yang dibagi ke dalam delapan wilayah pada fase grup. Memasuki babak 16 besar, kompetisi akan digelar di empat wilayah dengan menggunakan sistem pertandingan kandang dan tandang. Setelah itu, tim-tim yang lolos ke babak delapan besar akan dibagi menjadi dua grup dengan mengusung format home tournament, sedangkan partai semifinal dan final digeber di daerah netral.

Menilik format kompetisi ISC Seri B, Totok merasa perlu menggelar uji coba tandang untuk mengasah mental bertanding para penggawa skuat berjuluk Laskar Sambernyawa itu. “Uji coba ini memang dirancang karena manajemen Persik juga ingin melawat ke Solo, sedangkan kami juga membutuhkan pertandingan di luar kota,” kata dia.

Persis sendiri sudah melakoni sejumlah uji coba demi menghadapi ajang ISC maupun turnamen-turnamen lain. Terakhir, Bayu Andra dkk. berbagi angka 1-1 dengan Persinga Ngawi, Minggu (28/2/2016). Meski hanya meraih hasil imbang, Totok menilai Laskar Sambernyawa telah menunjukkan peningkatan performa cukup signifikan saat meladeni Persinga. Namun, sambung dia, tim besutan Agung Setyobudi itu masih membutuhkan tambahan pemain belakang.

“Lini depan dan tengah sudah cukup bagus. Untuk lini depan akan semakin bagus kalau Johan [Yoga] sudah bergabung kembali, lini tengah juga semakin kuat dengan kedatangan Anin [Anindito Wahyu]. Paling kami hanya membutuhkan tambahan dua atau tiga pemain untuk memperkuat lini belakang karena masih kekurangan bek kanan, kiri, dan stopper,” jelas Totok.

Selain komposisi tim, Totok menilai Persis juga perlu meningkatkan stamina fisik para pemain. Oleh sebab itu, manajemen berencana menjadwalkan latihan rutin setiap hari, satu bulan menjelang ISC Seri B digelar. “Kami berharap semua pemain sudah berkumpul di mes satu bulan terakhir sebelum kompetisi, jadi mereka bisa mengikuti latihan rutin setiap hari,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya