SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SIDOARJO — Selangkah lagi Persis Solo Junior (Jr) bakal mengukir sejarah dengan mewujudkan ambisi meraih gelar juara Piala Suratin 2014. Karenanya sederet halangan, mulai dari keterbatasan dana hingga ancaman faktor non teknis harus diabaikan oleh skuat besutan Agus Pratikno ini demi mewujudkan misi.

Persis Jr. akan menghadapi Jember United (JU) Jr. pada partai final Piala Suratin 2014 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (2/12/2014) ini. Skuat berjuluk Laskar Sambernyawa Muda ini tampil di partai puncak setelah sebelumnya menaklukkan Nusa Ina Maluku Jr. melalui adu penalti, dengan skor 3-1 (1-1), Minggu (30/11).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di sisi lain, JU Jr. tampil ke final setelah meraih kemenangan secara dramatis atas Bontang FC Jr. Sempat tertinggal 0-2, JU Jr. mampu membalikkan keadaan di paruh kedua dan menutup pertandingan dengan kemenangan 3-2.

Kemenangan JU Jr. yang dramatis tersebut ternyata menimbulkan berbagai kecurigaan dari pihak lain, terutama Bontang FC. Wakil Kalimantan Timur itu menilai JU Jr. menang karena diuntungkan faktor non teknis, mulai dari penambahan pemain yang tidak memenuhi regulasi hingga dibantu oleh wasit.

Kecurigaan Bontang FC itu ternyata terdengar sampai ke telinga Persis Jr. Bahkan, tim pelatih Persis Jr. sempat diberitahu bahwa JU Jr. sudah diatur menjadi juara dan medali pun telah dipersiapkan atas nama tim berjuluk Elang Terbang itu.

“Kami tadi sempat mendapat bocoran dari ofisial tim Bontang FC. Kata mereka Jember sudah di-setting menjadi juara dan medali pun sudah diukir atas nama mereka. Namun, kami tidak mau terpengaruh dengan isu itu. Kalau memang benar, kami akan membalikkan prediksi itu,” ujar asisten pelatih fisik Persis Jr. Benny saat berbincang dengan Espos di Wisma Hafaro, Sidoarjo, Senin (1/12) malam.

Benny menilai provokasi yang dilancarkan Bontang FC itu bisa membuat mental pemainnya down saat bertanding. Meski demikian, ia tidak ingin para pemainnya terpengaruh dengan isu yang tidak jelas kebenarannya itu.

Kekecewaan Bontang FC itu memang cukup beralasan. Pasalnya, saat melawan JU Jr. mereka sempat leading 2-0 hingga babak pertama.
Namun, keunggulan Laskar Khatulistiwa Muda itu berubah di babak kedua. Terutama, setelah salah satu stopper miliknya diganjar kartu merah. Alhasil, pertandingan pun berat sebelah dan JU Jr. mampu mengejar ketertinggalan dan berbalik unggul.

Selain isu tentang gelar juara yang sudah diatur, pihak Persis Jr. juga mendapat kabar bahwa JU Jr. melakukan penambahan pemain di babak semifinal dan final ini. Jika terbukti benar, maka JU Jr. akan didiskualifikasi karena melanggar regulasi turnamen. Penambahan pemain bagi setiap tim diizinkan hanya sampai babak 32 besar nasional, medio Oktober lalu.

Meski demikian, Pelatih Agus Pratikno sepertinya tidak peduli jika JU Jr. melakukan penambahan pemain. Ia yakin seluruh penggawanya mampu mengatasi para pemain lawan.
“Kabarnya mereka memang melakukan penambahan pemain. Ada pemain nomor 17 yang baru dimainkan saat ini. Saat di perempat final dan 16 besar, dia memang tidak ada. Tapi enggak masalah, wong ini kan sepak bola, bukan permainan satu atau dua orang, melainkan tim,” tutur pelatih yang akrab disapa Atik itu.

Menghadapi JU Jr., Atik meminta anak asuhnya untuk tampil all out dan tanpa beban. Ia akan kembali menurunkan skema 4-4-2 diamond, dengan mengandalkan bola-bola pendek.

Skema itu cukup efektif saat Persis Jr. meredam kekuatan Nusa Ina Jr. yang mengandalkan serangan cepat. Ia berharap skema itu bisa kembali berjalan efektif saat menghadapi gempuran JU Jr. yang lebih banyak mengandalkan kekuatan lini tengah.

Sayangnya, dalam laga puncak nanti, Persis Jr. akan tampil tanpa diperkuat salah satu pilarnya. Pemain serba bisa, Ricky Junian, dipastikan absen karena menerima akumulasi kartu merah saat melawan Nusa Ina Jr.

“Enggak apa-apa [tanpa Ricky]. Toh, masih banyak pemain lain yang siap,” pungkas Atik. (Imam Yuda Saputra/JIBI)

Ini dia punggawa laskar Sambernyawa Muda Persis Jr Solo yang akan mengukir sejarah. JIBI/Solopos/Dok

Ini dia punggawa laskar Sambernyawa Muda Persis Jr Solo yang akan mengukir sejarah. JIBI/Solopos/Dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya