SOLOPOS.COM - Para pemain Persis sedang berlatih di Stadion Sriwedari. JIBI/Solopos/dok

Persis Solo melakoni laga uji coba melawan PSIS Semarang akhir pekan ini. Laga itu sekaligus menjadi penentuan terakhir calon pemain baru Persis.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo sepertinya tidak akan berlama-lama menentukan nasib ketiga pelamar barunya. Nasib ketiga pemain yang baru bergabung dalam proses seleksi Persis itu akan diputuskan melalui laga uji coba kontra PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (21/2/2015) sore nanti.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Saat ini, tercatat ada tiga pemain yang baru bergabung dalam proses seleksi sekaligus latihan Laskar Sambernyawa. Selain eks wing back kiri Persiba Balikpapan, M. Afif, yang sudah bergabung sejak pekan lalu. Persis juga ketambahan dua pemain baru lainnya, yakni dua gelandang tengah jebolan klub Indonesia Super League (ISL), Ahmad Usman Sembiring (eks Persiba) dan Novian Chaniago (eks Persita Tangerang).

Sembiring bergabung sejak Rabu (18/2/2015) sore lalu, sementara Chaniago mulai mengikuti latihan mulai Kamis (19/2) pagi. Hadirnya kedua gelandang jangkar ini diharapkan mampu menambal kekurangan Persis di posisi lini tengah. Meski demikian, Pelatih Persis, Aris Budi Sulistyo, tak lantas menjamin keduanya masuk dalam skuat Persis yang diproyeksikan tampil di kompetisi Divisi Utama (DU) musim depan.

“Dari kualitas, saya yakin ketiganya memiliki visi permainan yang bagus karena dulu pernah bermain di level ISL. Namun, secara fisik dan stamina saya perlu lebih diyakinkan lagi. Saya butuh pemain yang punya kemauan dan bertenaga untuk membela tim. Makanya lawan PSIS akan jadi ujian mereka,” ujar Aris saat dijumpai wartawan seusai latihan di Stadion Sriwedari, Kamis pagi.

Starter

Karenanya saat melawan PSIS nanti, Aris pun mengaku akan memberikan porsi bermain lebih banyak pada ketiganya. Baik Sembiring, Chaniago maupun Afif akan dimainkan sejak awal pertandingan atau menjadi starter. “Kalau ternyata ketiganya dalam kurun 15 menit tidak bisa memberikan kontribusi, langsung akan saya ganti,” imbuh Aris.

Meski baru memberikan penilaian seusai melawan PSIS, namun Aris sudah meraba-raba kemampuan ketiganya, terutama Sembiring dan Chaniago. Aris menilai Sembiring memiliki kemampuan dalam membagi bola, sementara Chaniago lebih berkarakter sebagai gelandang bertahan.

“Kalau Sembiring bagus dalam membagi bola dan memiliki mobilitas yang tinggi. Meski demikian, dia perlu ditingkatkan dalam hal kecepatan. Sementara, Chaniago lebih bertahan dan belum terlihat kemampuannya. Saya melihat hal itu wajar karena mereka juga baru datang kemarin [Rabu],” beber Aris.

Selain bakal menjajal ketiga pemain baru itu, dalam uji coba kontra PSIS Aris juga akan menguji skema baru, yakni pola 5-2-3. Pola ini akan menggunakan pola lima bek sejajar dengan menekankan pertahanan dan skema serangan balik.

Uji coba melawan PSIS menjadi yang kali kedua dijalani Persis dalam sepekan terakhir. Dalam uji coba kali pertama, Minggu (15/2/2011) lalu, di Stadion Manahan, Solo, kedua tim bermain sama kuat 1-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya