SOLOPOS.COM - Arkhan Kaka saat menjalani debut bersama tim Persis Solo senior. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO – Manajemen Persis Solo menegaskan wonderkid muda Persis Solo, Arkhan Kaka, tidak dicoret dari Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. Menurut mereka Arkhan Kaka hanya kembali ke klub Persis Solo dan tetap akan kembali ke Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Arkhan Kaka, dikabarkan dicoret dari Timnas Indonesia bersama sembilan pemain muda lain.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, kepada Solopos.com, Jumat (28/7/2023), mengatakan kepulangan Arkhan Kaka dari Timnas Indonesia merupakan kesepakatan kedua belah pihak. Arkhan Kaka hanya disepakati untuk berlatih selama dua pekan.

“Di awal sudah ada kesepakatan dengan PSSI untuk Kaka hanya mengikuti TC awal selama dua pekan. Setelah itu kembali balik ke klub,” kata Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dalam keterangannya. Bima mengatakan Arkhan Kaka saat ini tidak mengikuti pemusatan latihan (TC) karena harus kembali untuk membela Persis Solo.

“Iya terkait Arkhan Kaka, kami kemarin sudah komitmen dengan Persis Solo bahwa Kaka akan dipanggil selama dua minggu untuk TC,” kata Bima Sakti.

Bima Sakti mengatakan selama dua pekan, semua pemain yang saat ini menjalani pemusatan latihan begitu penting karena mereka mengikuti tes kesehatan, tes fisik dan psikotes.

Arkhan Kaka dipanggil Timnas Indonesia untuk seleksi plus pemusatan latihan mulai 9 Juli hingga 28 Agustus 2023. Arkhan Kaka bersiap masuk dalam proyeksi persiapan Piala Dunia U-17 pada 10 November – 2 Desember 2023 mendatang.

Arkhan Kaka sudah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk pemanggilan ini. Salah satu upaya persiapan yang dilakukan oleh Persis Solo adalah mempromosikannya ke skuad utama.  Usaha mendaftarkan Kaka ke kompetisi Liga 1 Indonesia juga bukan soal gampang. Hal itu karena umur Kaka masih di bawah batas minimum.

“Dulu ada peraturan pemain ada minimum usia dari PT LIB Sebenarnya Kaka tidak bisa main. Karena minimal 1 Januari 2006. Kami upayakan,” kata Direktur Olahraga Persis Solo Edwin Klok.

Dengan perjuangan tersebut, usulan Persis Solo diterima. Hasilnya Arkhan Kaka mampu tampil di kompetisi tertinggi di Indonesia. Praktis, dia berlatih dengan skuad utama. Ini merupakan salah satu bagian persiapan untuk Piala Dunia U-17. Arkhan Kaka juga menjadi pemain muda Liga 1 musim ini. Kaka juga mencatatkan sejarah Liga 1 sebagai debutan muda.

“Dengan progres dia di Persis Solo ada persiapan untuk Piala Dunia. Kalau nantinya dia ikut dipanggil, dia (Arkhan Kaka) siap. Ini buat kita juga bagus. Dia bisa bawa Persis Solo ke Timnas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya