SOLOPOS.COM - Pesilat kembar asal Kota Solo, Arif Mubarok dan Ahmad Muzaki, menunjukkan medali emas yang mereka raih di Porprov Jateng 2023. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Tim pencak silat Kota Solo memiliki andalan baru yaitu Arif Mubarok dan Ahmad Muzaki. Pesilat Arif dah Ahmad ini merupakan saudara kembar yang baru saja mengukir prestasi meraih medali emas.

Di ajang Porprov Jateng 2023, si kembar Arif dan Ahmad menyabet medali emas cabang silat untuk kategori ganda putra yang berlangsung di Rembang.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Atlet kembar ini mulai menggeluti silat sejak mereka duduk di bangku SMP. Saat itu Arif dan Ahmad diajak temannya yang lebih dulu ikut pencak silat.

“Awalnya coba-coba di kategori fighter. Tapi, pelatih punya pandangan untuk mencoba di kategori ganda,” kata Ahmad dalam keterangannya Kamis (10/8/2023).

Ahmad mengaku, mereka berdua sempat vakum berlatih silat saat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu. Ketika itu mereka hanya diperbolehkan berlatih sendiri sehingga membuat rasa bosan menghampiri dan mereka akhirnya berhenti untuk sementara.

Mereka kembali berlatih lagi setahun kemudian seiring dengan longgarnya kebijakan selama pandemi.

Saat menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), si kembar Arif dan Ahmad kembali fokus berlatih pencak silat. Hal inilah yang membuat mereka bisa tampil di Porprov Jateng 2023 yang merupakan penampilan kali pertama mereka di kancah multievent level provonsi tersebut.

Arif adalah mahasiswa di PGSD FKIP UMS, sementara itu Ahmad di Pendidikan Agama Islam FAI UMS.

Sebelum unjuk kemampuan di Poprov Jateng 2023, mereka telah tampil di sejumlah ajang dan menyabet medali emas. Mulai dari Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2022 di Padang, Sumatra Barat hingga pra Porprov 2023.

“Target berikutnya lolos PON, insyaallah,” imbuh Arif.

Pesilat kembar Arif dan Ahmad juga bercerita orang tua sempat tidak setuju dengan aktivitas mereka di silat. Hal itu dikarenakan orang tua  takut mereka meninggalkan pendidikan karena waktu habis untuk menekuni silat.

Namun demikian, keraguan orang tua mereka akhirnya luntur setelah Arif dan Ahmad tampil di ajang kejuaraan silat di Kabupaten Wonogiri. Setelah itu orang tua mendukung penuh si kembar Arif dan Ahmad tekun di cabang olahraga pencak silat.

Pesilat kembar Ahmad dan Arif tak hanya menorehkan prestasi di dunia olahraga, mereka juga lulus dari kampus dengan baik.

Pesilat kembar asal Kota Solo ini selanjutnya akan mengikuti pra PON yang digelar di Edutorium UMS pada September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya