SOLOPOS.COM - Logo Piala Asia U-19 (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, YANGON — Thailand memang memastikan diri lolos ke perempatfinal Piala Asia U-19 sebagai pemuncak klasemen Grup A. Tapi langkah tersebut tak diraih dengan mudah, butuh perjuangan dramatis menghadapi Yaman.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Thailand sejatinya memasuki lapangan Stadion Wunna Theikdi, Senin (13/10/2014) malam WIB kemarin dengan posisi yang tak lebih baik dari Yaman. Saat itu, beginilah komposisi klasemen Grup A: Myanmar memuncaki klasemen dengan nilai empat, diikuti Yaman dengan poin sama namun kalah selisih gol. Sementara Thailand di urutan tiga dengan tiga angka, disusul Iran yang belum mengumpulkan poin.

Maka jadi laga terakhir kontra Yaman tersebut sebuah laga hidup-mati untuk tim ‘Gajah Putih’. Jangankan kalah, imbang saja peluang lolos harus ditentukan tim lain di laga Myanmar kontra Iran. Artinya untuk lolos dengan mantap, kemenangan wajib diraih.

Tapi laga tak berjalan mudah untuk Thailand. Baru satu menit berjalan, gawang mereka bobol oleh Khaled Hussein Mahdi. Pukulan mental datang di awal laga.

Upaya untuk menghidupkan peluang berbuah hasil kala Patipan Pinsermsootsri menyamakan kedudukan jelang turun minum. Tapi itupun kembali memudar saat Gehad Mohammed Ahmed menjebol gawang mereka di menit ke-64.

Lantas muncul secercah harapan di lima menit terakhir waktu normal pertandingan. Patipan mencetak gol keduanya, menyamakan kedudukan. Tiga menit berselang, pemain yang sama membuat pendukungnya bersorak setelah kembali membobol gawang Yaman.

Itu adalah gol terakhir di laga tersebut, sekaligus memastikan Thailand lolos ke perempatfinal sebagai juara grup. Di laga lain, Myanmar sempat membuat jantung para suporternya berdegup kencang dengan kekalahan 0-2 dari Iran. Tuan rumah pun bisa bernafas lega karena akhirnya lolos dengan hanya unggul selisih satu gol atas Yaman, yang sama-sama mengoleksi nilai empat.

Lolos ke perempatfinal, Thailand akan menghadapi runner up Grup B. Tiga tim sama-sama berpeluang melawan mereka yakni Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya