SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para pemain Filipina merayakan kegembiraan setelah memastikan tiket ke semifinal Piala AFF 2012 dengan mengalahkan Myanmar 2-0, Jumat (30/11/2012). JIBI/SOLOPOS/affsuzukicup.com

MANILA—Filipina akhirnya bisa memainkan partai kandangnya di babak semifinal di kandangnya sendiri. Filipina akan menghadapi juara Grup B pada semifinal leg pertama di Stadion Rizal Memorial, Manila, 8 Desember 2012.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Dua tahun lalu, The Azkals, julukan Filipina, di babak semifinal harus memainkan partai kandangnya di Indonesia. Kala itu, federasi sepak bola Asean (AFF) tak menyetujui Filipina bermain di kandangnya sendiri karena dinilai tak memiliki stadion yang layak.

Praktis, dalam dua partai semifinal kontra Indonesia, Filipina harus bermain di Stadion Utama Bung Karno, yang menjadi markas tim Merah-Putih. The Azkals pun kalah dengan skor tipis 0-1 dalam dua laga semifinal itu.

Namun kini, hal itu dipastikan tak akan terjadi lagi. AFF telah memberikan ‘lampu hijau’ untuk federasi sepak bola Filipina menggelar laga kandang di negara sendiri.

Salah satu penggawa Filipina, James Younghusband, menyambut gembira keputusan ini. Pemain yang juga turut membawa Filipina ke semifinal dua tahun lalu ini, mengaku bahwa tujuannya telah tercapai, yakni membawa sepak bola internasional kembali ke Filipina.

“Ini sungguh menyenangkan untuk sepak bola Filipina dengan kami lolos ke semifinal. Seluruh tim sangat gembira. Kami kalah di laga pembuka (1-2 dari Thailand), tapi bangkit kembali dengan solid dan menunjukkan semangat tim yang sebenarnya,” ujar James yang turut mengantar kemenangan Filipina di laga kedua dan ketiga atas Vietnam (1-0) dan Myanmar (2-0).

“Kami sangat senang membawa kembali sepak bola internasional ke Filipina dan bermain di stadion kami,” imbuhnya dilansir situs resmi AFF.

“Saya sudah tak sabar bermain di Rizal. Saya yakin di sana akan penuh dan ini memberi kami dorongan ekstra untuk ke depan dan memberikan permainan yang baik. Akan sangat menarik melihat siapa yang kami hadapi,” sambung James.

Pada semifinal, Filipina akan bertemu dengan juara Grup B. Siapa lawan Filipina akan ditentukan dalam laga Sabtu (1/12/2012) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya