SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Kamboja menjalani sesi latihan dan menjajal lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (22/12/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Indonesia mewaspadai atmosfer positif yang sedang merasuki Kamboja saat mereka berhadapan di penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022) sore ini pukul 16.30 WIB.

Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan hal itu setelah melihat Kamboja membuat kejutan dengan menumbangkan Filipina, 3-2, Selasa (20/12/2022).

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Suasana tim Kamboja saat ini sangat baik. Performa mereka saat melawan Filipina bagus,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan tersebut, pencapaian itu dapat mendongkrak motivasi bertanding Kamboja. Shin Tae-yong pun meminta anak-anak asuhnya untuk tidak menganggap remeh lawannya itu.

Baca Juga: PSSI Beri Sinyal untuk Shin Tae-Yong Soal Pembatasan Penonton di Piala AFF 2022

Sepanjang sejarah laga kedua tim, Indonesia memang belum pernah dikalahkan Kamboja. Namun, hal tersebut bukan jaminan skuad berjuluk Garuda ini akan kembali menundukkan tim asuhan pelatih Jepang, Ryu Hirose tersebut.

“Kami harus fokus mendapatkan hasil terbaik, tidak boleh meremehkan lawan,” kata Shin Tae-yong.

Kamboja berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022, di bawah Thailand, dengan nilai sama tapi kalah produktivitas gol.

Baca Juga: Prediksi Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2022, Punya Rekor Mentereng!

Kemenangan atas Filipina tersebut merupakan kemenangan keempat Kamboja di Piala AFF selama keikutsertaan mereka sejak tahun 1996.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada fase grup Piala AFF 2020, di mana kala itu Indonesia menundukkan Kamboja dengan skor 4-2. Berdasarkan laman 11v11.com, sejak tahun 1995, timnas Indonesia sudah 17 kali bersua Kamboja. Hasilnya, Indonesia memenangi 16 pertandingan dan satu laga lain berakhir imbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya